Beranda

 

Reportase

Pertemuan Tahunan PKMK FK-KMK UGM ke-22 Tahun 

Bandung - Pertemuan tahunan PKMK ke dua puluh dua, dilaksanakan di hotel de Paviljoen, Bandung pada Kamis (20/2/2020). Kegiatan juga dilaksanakan melalui webinar, mengingat beberapa board berhalangan hadir langsung. Pembukaan oleh dr Yodi Mahendradhata, MSc, PhD selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan, FK – KMK UGM. Rapat tahunan bisa terinspirasi dari kota ini, banyak industri yang lahir dari Bandung. Sehingga PKMK bisa maju dan berkembang. Bandung juga menjadi pelopor dalam banyak hal: KAA 1955, Bandung Conference for Rural Hygiene 1937 – membangun solidaritas ke daerah terpencil. Tema tahun lalu Membangun dari Pinggir, harapannya solidaritas tersebut bisa mewarnai pertemuan tahun ini juga. Bandung memiliki kaitan erat dengan kedokteran UGM, pasca kemerdekaan, pemerintah ingin memindahkan Institut Pasteur, lalu Prof dr. Sardjito, MPH berinisiatif memindahkan vaksin ke sapi sehingga dapat lolos dari pemeriksaan penjajah. Tindakan ini melahirkan fakultas kedokteran UGM yang selama ini kita kenal.

SELENGKAPNYA

 

Reportase

Capacity Building On Supporting Evidence Based In Policymaking Process


PKMK FK - KMK UGM, pada 4 -06 Februari mengadakan program workshop dengan tema “Supporting Evidence Based Use in Policymaking Process”. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pengembangan kapasitas peneliti kebijakan kesehatan kerjasama Knowledge to Policy (K2P AUB) dan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK FK - KMK UGM). Narasumber kegiatan workshop ini adalah perwakilan dari K2P AUB Lebanon, sebagai mentor bagi peneliti PKMK UGM dalam program pengembangan kapasitas tersebut.

SELENGKAPNYA

 

Reportase

Outlook Kebijakan Kesehatan 2020: Penguatan Sistem Kesehatan untuk Layanan Kesehatan yang Berkeadilan

webinar

Permasalahan stunting telah banyak dibahas dari berbagai perspektif. Pada pertemuan Outlook Kebijakan Kesehatan Indonesia 2020 (Senin, 27 Januari 2020), tim Divisi Public Health – Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM mencoba untuk melihat penanggulangan stunting dalam perspektif layanan kesehatan yang berkeadilan. Secara global, Indonesia termasuk ke dalam 27 negara yang mengalami perkembangan dalam penanganan masalah stunting pada kelompok anak balita. Sementara itu, Indonesia masih perlu meningkatkan upaya untuk mengatasi ‘wasting’ pada balita dan obesitas pada perempuan dewasa.

Reportase selengkapnya dapat disimak pada link berikut

SELENGKAPNYA   MATERI

 

DISKUSI REFLEKSI KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN 2019

“PEMBANGUNAN KESEHATAN DARI PINGGIR”

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (PKMK FK-KMK) UGM pada Jumat, 20 Desember 2019 menyelenggarakan kegiatan Diskusi (Webinar) Refleksi Kebijakan dan Manajemen Kesehatan 2019 dengan topik “Pembangunan Kesehatan dari Pinggir”. Diawali dengan sambutan oleh Direktur PKMK, Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH, M.Kes, MAS, yang menjelaskan bahwa selama tahun 2019 kemarin telah banyak isu yang dibahas oleh PKMK. Diantaranya seputar defisit dana JKN, disparitas JKN yang tidak hanya dibahas di dalam negeri namun mitra luar negeri, dan coverage imunisasi di slum area. Isu mutu pelayanan kesehatan juga masih menjadi fokus. Sementara dari sisi digital health dan inovasi teknologi 4.0 menurut Dr. Andreasta belum terlalu banyak disentuh oleh PKMK, padahal sebetulnya dapat menyelesaikan isu disparitas.

selengkapnya


Reportase:
Pertemuan Jejaring Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Jarlitbangkes)

Dalam pembangunan kesehatan, Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI berperan sebagai penyedia data yang digunakan sebagai dasar penyusunan kebijakan kesehatan. Namun demikian, data - data penelitian yang dihasilkan oleh institusi lain seperti perguruan tinggi, rumah sakit dan lembaga penelitan, Balitbangda/Bappeda tidak kalah penting guna menyediakan data kesehatan yang relevan.

Sebuah pertemuan dirancang oleh Balitbangkes Kemenkes RI pada 5 – 7 Desember 2019 dengan tema “Optimalisasi Peran Badan Litbangkes sebagai Koordinator Riset Kesehatan” di Jakarta. Terdapat paparan materi yang disampaikan oleh Badan Litbangkes, Dirjen Kelembagaan Iptek DIKTI, dan diskusi pleno dengan rangkuman mengenai bahasan pada pertemuan tersebut yang disajikan sebagai berikut.

selengkapnya


Diskusi Bersama Dokter Spesialis dalam Pemanfaatan DaSK (Dashboard Sistem Kesehatan)

dask

PKMK FK - KMK UGM mengembangkan DaSK yang merupakan singkatan dari Dashboard Sistem Kesehatan (https://kebijakankesehatanindonesia.net/datakesehatan/). DaSK berusaha mengumpulkan data - data dari berbagai sumber sehingga dapat berada di satu tempat untuk memudahkan penelitian kesehatan. Selain itu, data - data tersebut bisa digunakan sebagai bahan untuk melakukan advokasi perbaikan kebijakan kesehatan era JKN kepada pemangku kebijakan.

Situasi dan sistem kesehatan antar provinsi di Indonesia sangat bervariasi, misal kondisi di Jawa Tengah dan NTT tentu sangat berbeda, demikian pula antara DKI, DIY, dengan Papua. Dalam konteks situasi yang berbeda - beda itu, kebijakan kesehatan yang dibentuk saat ini memerlukan kajian berbasis bukti dalam rangka peningkatan status kesehatan masyarakat. PKMK FK - KMK UGM mendiseminasikan DaSK dan hasil analisis kebijakan kesehatan (studi kasus: kardiovaskuler) kepada para dokter spesialis yang merupakan klinisi di lapangan. Kegiatan ini diharapkan memicu para klinisi untuk terlibat merumuskan rekomendasi perbaikan kebijakan kesehatan.

selengkapnya

 

Reportase
Webinar Tantangan Mewujudkan Kesetaraan Kesehatan di Indonesia, Thailand, dan Afrika Selatan

webinar kesetaraan kesehatan

Kesetaraan kesehatan melibatkan upaya bersama dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesehatan bagi semua orang dan mengurangi ketidakadilan kesehatan. Kesetaraan kesehatan harus dicapai oleh setiap negara. Meskipun demikian, setiap negara masih menghadapi berbagai tantangan terkait akses pelayanan kesehatan dan proteksi finansial. Webinar kali ini membahas tantangan mewujudkan kesetaraan kesehatan di Thailand, Afrika Selatan, dan Indonesia. Kesetaraan kesehatan di Thailand menunjukkan bahwa Thailand memulai proteksi jaminan sosial pada 1970 untuk rakyat miskin, pegawai pemerintah, dan sektor formal dengan tantangan adverse selection pembiayaan, cakupan yang rendah dari sektor informal. Hal tersebut bukan hanya menjadi tantangan teknis, melainkan juga sangat politis. Pada 2002, Thailand menerapkan universal health coverage (UHC) yang terkenal dengan program asuransi kesehatan “30 Baht” dengan cakupan 92.4% dari total penduduk. Akhirnya pada 2008, cakupan UHC di negara tersebut mencapai 99%.

selengkapnya

 

Reportase Kunjungan Benchmarking AKK FKM UNHAS Ke Departemen HPM dan PKMK FK - KMK UGM

unhass

PKMK - Yogya. Pada Senin (7/10/2019), Departemen HPM dan PKMK FK - KMK menerima kunjungan benchmarking dari Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) FKM Universitas Hasanudin. Bertempat di Common Room, Gedung Penelitian dan Pengembangan, FK - KMK, acara berlangsung lancar. Tujuan utama kedatangan tim FKM Unhas yaitu meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait keilmuan kebijakan kesehatan khususnya tentang Tata Kelola Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Perwakilan dari FKM Unhas banyak menanyakan terkait penelitian seputar JKN pada Prof Laksono Trisnantoro, yang dalam hal ini memiliki banyak melakukan penelitian di bidang tersebut. Prof. Laksono sendiri merupakan ketua HPM UGM dan salah satu peneliti senior di FK - KMK UGM.

selengkapnya

pgtr fornas

Forum Nasional Kebijakan Kesehatan Indonesia (Fornas KKI) 2019 kembali digelar pada 9 - 10 Oktober 2019 di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darusalam. Topik yang diangkat tahun ini ialah "Advokasi untuk Kebijakan Kesehatan". Sebelum diselenggarakannya Forum Nasional, akan diadakan Blended Learning analis kebijakan, tatap muka advokasi kebijakan, seminar advokasi kebijakan dan agenda ditutup dengan tatap muka metode advokasi kebijakan pada 11 Oktober di Banda Aceh.

Forum nasional ini menerima abstrak Policy Brief yang terkait Kesehatan Ibu Anak, Pangan dan Gizi (khususnya stunting), Jaminan Kesehatan dan topik kesehatan lainnya. Batas akhir pengumpulan abstrak 23 September dan pengumuman yang diterima yaitu 27 September 2019.

selengkapnya

Pelatihan Blended Learning Analisis Kebijakan: Kasus kebijakan JKN, KIA dan Gizi 1 Agustus – 7 September 2019
Seminar di Yogyakarta: Pelatihan Policy Brief 19 September 2019
Seminar di Yogyakarta: Advokasi untuk Kebijakan JKN 8 Oktober 2019
Seminar di Banda Aceh: Kebijakan KIA dan Kebijakan Gizi 9 – 10 Oktober 2019
Workshop di Banda Aceh: Tatap muka Metode Advokasi Kebijakan 11 Oktober 2019

 

Webinar Data Science Initiative for Health

PKMK – Yogya. Universitas sebagai institusi pendidikan tinggi mengemban tugas Tri Dharma, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Fakultas Kedokteran, kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM juga tidak lepas dari tugas tersebut. Belum lama ini FK-KMK juga diserahi tugas mengembangkan Academic Health System (AHS), yang melibatkan fakultas kedokteran, RS jejeraring dan dinas kesehatan/masyarakat. Tujuan AHS adalah mensinergikan aktivitas anggotanya agar tercapai efektivitas dalam mencapai tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Seiring dengan meningkatnya aktivitas, baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, baik itu di FK-KMK dan RS jejaringnya, dirasakan perlunya untuk dilakukan terobosan menggunakan Big Data dalam pelaksanaan aktivitas. Diharapkan dengan penggunaan Big Data tersebut, keputusan dan aktivitas yang diambil semakin tepat, efektif dan efisien.  Disadari bahwa terdapat tantangan dalam pengembangan dan penggunaan Big Data di FK-KMK dan AHS UGM, yang memerlukan identifikasi dan penanganan untuk dapat terlaksananya implementasi Big Data di FK-KMK dan AHS UGM. Dalam rangka Health Research Expo (HRE) 2019, FK – KMK UGM menggelar webinar Data Science Initiative for Health pada 20 Agustus 2019 di Auditorium FK – KMK UGM.

selengkapnya

13th Post Graduate Forum on Health System & Policy

pgf19

Forum Pascasarjana Tahunan (PGF) tentang Sistem & Kebijakan Kesehatan menyediakan platform yang luas bagi mahasiswa Pascasarjana dalam bidang Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Publik untuk membahas pekerjaan mereka dan kesempatan untuk bertukar gagasan dengan mahasiswa lain dan para ahli yang bekerja dalam bidang tersebut. PGF kali ini akan dilaksanakan pada 19 - 20 Juli 2019 di Yogyakarta, Indonesia dengan tema Medical Specialist within the Health System in Asia : A Perspective on Production and Utilization.

selengkapnya

Pelatihan
Pengembangan Konsultan Manajemen Kesehatan: Pengelolaan Pekerjaan Konsultasi Manajemen Kesehatan

Sektor kesehatan di Indonesia saat ini membutuhkan banyak konsultan manajemen rumah sakit, konsultan manajemen mutu pelayanan rumah sakit, konsultan manajemen program KIA sampai ke kebijakan dan manajemen sistem pembiayaan yang dimotori BPJS. Kebutuhan ini tidak disertai dengan ketersediaan tenaga konsultan yang cukup, dan masih minimnya anggaran untuk konsultan. Oleh karena itu, pelatihan ini diselenggarakan agar terjadi keseimbangan yang lebih baik antara kebutuhan dengan ketersediaan konsultan yang bermutu.

PKMK FK-KMK UGM kembali menyelenggarakan Blended Learning (tatap muka dan jarak jauh) Pelatihan Pengembangan Konsultan Manajemen Kesehatan : Pengelolaan Pekerjaan Konsultasi Manajemen Kesehatan. Pelatihan terbagi dalam 2 tahap, yakni tahap perorangan dan tahap berkelompok. Tahap pertama dilaksanakan pada 13 Mei – 27 Mei 2019, sementara tahap kedua akan dilaksanakan pada 15 Juni – 27 Juli 2019

selengkapnya


Seminar Internasional Filantropi Kesehatan

Terbatasnya kemampuan pendanaan negara untuk mendanai program kesejahteraan, khususnya di sektor kesehatan, merupakan masalah besar. Ide - ide inovatif diperlukan untuk meningkatkan pendanaan negara untuk program kesejahteraan yang dibutuhkan. Salah satu kegiatannya adalah kegiatan filantropi yang merupakan pemberian dana oleh orang - orang yang berniat menyediakan dana untuk program kesejahteraan.

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM didukung oleh Tahir Foundation akan menyelenggarakan "International Seminar on Health Philanthropy" pada Selasa, 23 April 2019 di Auditorium Tahir Lt.1 Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM yang akan diisi oleh perwakilan Tahir Foundation dan Prof. Yeoh Eng Kiong dari Hongkong, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. dari Indonesia, Prof. Siripen Supakankunti dan Chantal Herberholz, Ph.D. dari Thailand, Prof. Maria Elena B. Herrera dari Filipina serta Dr. Narjis Rizvi dari Pakistan.

selengkapnya

Ketika Bencana Melanda

http://cdn2.tstatic.net/bangka/foto/bank/images/korban-gempa_20181011_151907.jpg

Artikel ini diterbitkan pada 11 Maret 2019 di buletin Indonesia at Melbourne. Salah satu hasil kajian yang dilakukan tim peneliti dari Divisi Manajemen Bencana Kesehatan, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK), UGM disinggung dalam artikel tersebut. Hasil kajian tim PKMK menemukan kesiapan sektor kesehatan yang sangat rendah di kabupaten rawan bencana di provinsi Maluku.

selengkapnya

Reportase Pertemuan Tahunan Ke - 21 PKMK FK - KMK UGM

pkmk 21th

PKMK – Yogya. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (PKMK FK - KMK UGM) pada Selasa, 26 Februari 2019 menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan yakni Pertemuan Tahunan ke - 21 dengan tema “Membangun Sistem Kesehatan yang Inklusif”. Pembukaan pertemuan dilakukan oleh dr. Yodi Mahendradhata, MSc. Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan, mewakili Dekan FK - KMK UGM yang berhalangan hadir. Dalam sambutan pembukaannya, dr. Yodi mengapresiasi rekam jejak PKMK yang dapat dilihat di berbagai wilayah tanah air. Rekam jejaknya tidak hanya dengan pihak luar, namun juga dengan internal fakultas. PKMK telah menyumbangkan gagasan - gagasan inovatif bagi pengembangan fakultas dan pusat - pusat kajian di dalamnya, sehingga fakultas selalu menanti kontribusi - kontribusi selanjutnya dari PKMK.

selengkapnya


 


ARSIP PENGANTAR

config

sistelkon


COP PKMK

Silahkan mendaftar melalui tombol di atas untuk mendapatkan informasi terbaru dari website ini.

tombol CA

Buku Inovasi KIA

CoverBukuInovasiKIA

kms

tombol-ASM

tombol-knowledge management

Tutorial Webinar

Tutorial Webinar sebagai Peserta dapat dipelajari di sini.

Links

e-learning

Informasi Terbaru

Kursus Sektor Swasta dan Rumah Sakit Swasta sebagai Mitra untuk Cakupan Kesehatan Universal

penulis-PBInformasi Pendaftaran Kursus

penulis-PBFormulir Pendaftaran


  

Policy Brief

icon-reportaseMasukan Policy Brief bagi Penentu Kebijakan JKN


Video Stretching

Stretching senam - PKMK

Penyebaran Ilmu Berbasis Website
Mulai Januari tahun 2013, secara resmi PKMK membuka kegiatan baru berupa: Program Penyebaran Ilmu (Knowledge Dissemination Program). Program ini diselenggarakan menggunakan media elektronik berupa website. Berbagai ilmu pengetahuan di bidang kebijakan kesehatan dan manajemen kesehatan dikelola untuk disebarluaskan kepada seluruh pengguna di Indonesia dan di seluruh dunia melalui jaringan internet.

Website Kebijakan & Manajemen     Website Isu Prioritas
       
kkimrspembiayaan                 bencanakiamutupelayanan 
 
Website Terkait
 
idrcca