Program Penyebaran Ilmu Berbasis Website

 

(Web-based Knowledge Dissemination Program)


Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) merupakan salah satu pusat di bawah struktur Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Secara umum kegiatan yang dilaksanakan oleh PKMK terbagi dalam Divisi Manajemen Rumahsakit, Divisi Kebijakan Kesehatan Publik dan Manajemen, Divisi Manajemen Mutu dan Divisi Manajemen Bencana.

Mulai Januari tahun 2013, secara resmi PKMK akan membuka kegiatan baru berupa: Program Penyebaran Ilmu (Knowledge Dissemination Program). Program ini diselenggarakan menggunakan media elektronik berupa website. Berbagai ilmu pengetahuan di bidang kebijakan kesehatan dan manajemen kesehatan dikelola untuk disebarluaskan kepada seluruh pengguna di Indonesia dan di seluruh dunia melalui jaringan internet.

 

Mengapa melakukan program ini?

Ada berbagai alasan yang mendorong untuk menyelenggarakan program ini, antara lain:
Pertama, Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi yang salah satu orientasinya adalah untuk membantu pengembangan masyarakat di daerah sulit. Metode penyebaran ilmu melalui website saat ini menjadi alternatif yang efisien. Teknologi telekomunikasi dan informatika berkembang cepat dan mampu menjangkau ke seluruh kabupaten di Indonesia.

Kedua, penyebaran ilmu ini ditujukan pula untuk mempengaruhi kebijakan kesehatan. Dalam hal ini para pengambil kebijakan di Indonesia sudah akrab dengan teknologi web, sehingga hasil-hasil penelitian dan pemikiran dapat lebih cepat sampai kepada pengambil kebijakan. Penyebaran ilmu ini didukung oleh Alert System yang akan menyampaikan notifikasi kepada para pihak yang membutuhkan informasi terbaru terkait kebijakan kesehatan dan manajemen kesehatan.

Ketiga, berbagai sumber bacaan dan ilmu di dunia ini sudah banyak yang menggunakan pendekatan terbuka. Dengan prinsip terbuka, akan lebih mudah bagi para pengguna Program ini untuk menggunakan ilmu pengetahuan.

Secara singkat dapat dinyatakan bahwa penggunaan teknologi website dan elektronik, memungkinkan secara praktis penyebaran ilmu kebijakan dan manajemen keseluruh pelosok indonesia. Dengan menggunakan system Open- Access, penyebaran ilmu ini diharapkan dapat dinikmati seluruh pihak yang membutuhkan tanpa terkendala lokasi geografis dan dana.

Di dalam website Program Penyebaran Ilmu ini terdapat tiga kelompok besar, yaitu: (1) website kebijakan kesehatan; (2) website-website manajemen kesehatan; dan (3) berbagai website mengenai topik prioritas dalam pelayanan dan pendidikan kesehatan. Di setiap website terdapat berbagai isi yang saling terkait, antara lain:

• Pelatihan Jarak Jauh yang disertai dengan pertemuan tatap muka, atau yang murni jarak jauh.

• Audio dan video streaming untuk berbagai pertemuan ilmiah dan perkuliahan.

• Buku elektronik

• Referensi yang open access

• Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia dan Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan

• Reportase pertemuan ilmiah dan kunjungan-kunjungan belajar.

• Policy brief

• Komunikasi virtual

• Perundang-undangan

• Dan berbagai rubrik lain sesuai dengan kebutuhan.

 

Silakan melakukan akses di berbagai web sesuai minat Anda:

Penyebaran Ilmu Berbasis Website

 

 

icon-reportaseAnalisis Mingguan Website