Workshop Mitra KSI Mei 2017: Bekerja dengan Media 2

Pelatihan Strategi Komunikasi

Pelatihan selama 2 hari ini diselenggarakan sebagai bagian dari kerjasama PKMK dengan KSI khususnya terkait capacity building untuk menterjemahkan pengetahuan menjadi kebijakan. Strategi Komunikasi dianggap sebagai salah satu langkah strategis untuk mencapai tujuan utama berupa perubahan kebijakan (atau perubahan perilaku) yang merupakan end goal dari penelitian.

Pelatihan dimulai dengan kerja kelompok untuk mengidentifikasi ‘best practice’ dan ‘not so good practice’ dari strategi komunikasi yang selama ini dilakukan dan mengidentifikasi apa saja faktor-faktor yang harus mulai dilaksanakan (start), terus dilakukan (continue) atau tidak boleh lagi dilakukan (stop).

Beberapa pelajaran dari pengalaman masing-masing kelompok menunjukkan pentingnya:

  1. Memiliki tujuan sebelum menetapkan strategi komunikasi
  2. Memiliki strategi komunikasi yang terstruktur sebelum penelitian atau program dilakukan
  3. Mengidentifikasi audiens yg tepat dan menggunakan bahasa yang tepat utk audiens ini
  4. Memahami ketrampilan yang dibutuhkan untuk menghasilkan media yang tepat
  5. Komitmen untuk membangun hubungan dengan target audiens dan melakukan advokasi

Setelah itu, terdapat penjabaran mengenai Komunikasi Riset yang terdiri dari 5 kegiatan kunci, yaitu:

  1. Assessing program readiness, baik kesiapan lembaganya mau pun kesiapan tim komunikasi
  2. Analisis situasi
  3. Identifikasi communication purpose
  4. Mengenai stakeholder dan target audiens
  5. Pemilihan media dan metode

Sesi berikutnya membahas tentang template yang dapat digunakan untuk merencanakan strategi komunikasi, yang terdiri dari 5 bagian penting, yaitu:

  1. Program decisions: mencakup identifikasi tujuan umum (jangka panjang) mau pun tujuan jangka pendek
  2. Pemahaman akan konteks internal dan eksternal
  3. Strategic choice yang harus diambil terkait audiens, message yang dipilih, value dan messenger yang tepat.
  4. Communication activities yang dipilih, termasuk masalah timeline dan budget
  5. Measurement of success