semnas kepemimpinan

Pendahuluan

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasi, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sedangkan efisien berarti tugas yang dilaksanakan secara benar, terorganisir dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Ilmu manajemen menjadi hal yang sangat penting dalam pengelolaan research center. Dengan penerapan ilmu manajemen yang tepat, diharapkan research center ini dituntut tidak hanya mengelola kegiatan skala nasional namun sampai skala internasional. Dalam konteks ini, lembaga penelitian dan konsultasi, terutama yang berada di lingkungan universitas memiliki keunikan dalam pengelolaannya. Sebagai lembaga penelitian dan konsultasi di lingkungan akademik, dituntut untuk melakukan inovasi dan langkah-langkah pengembangan konsep-konsep ilmiah menjadi kenyataan di lapangan dengan sistem yang berkelanjutan.

Dalam mengelola suatu lembaga penelitian tidaklah mudah, diperlukan SDM yang kuat. Dalam menjalankan kegiatan di lembaga ini, SDM sebagai pendukung utama diharapkan memiliki kompetensi yang memadai. Dari sisi content, dibutuhkan para konsultan ahli/tenaga ahli yang relevan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan dengan mengembangkan sistem kemitraan dengan narasumber / konsultan ahli yang berstatus part-time. Tenaga ahli ini bisa terdiri dari para praktisi (Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Klinisi) dan dosen-dosen di lingkungan universitas (Departemen HPM, Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dll). Sedangkan dari sisi manajemen, dibutuhkan SDM sebagai tenaga pendukung (supporting staff) untuk dapat mengelola manajemen lembaga secara efektif dan efisiensi.

Dalam kegiatannya lembaga penelitian harus memahami dinamika lingkungan yang sering berubah. Kebijakan penelitian pemerintah, trend topik penelitian, ketersediaan sumber dana dari pemerintah pusat dan daerah, donor agencies dari luar negeri, badan-badan multilateral, sampai ke filantropis perlu diperhatikan. Tanpa pemahaman jelas mengenai keadaan eksternal lembaga penelitian, akan terjadi kesulitan untuk pengembangan. Disamping itu dukungan dari struktur perguruan tinggi seperti dari kantor rektorat dan dekanat perlu diadakan.

Dengan melihat kompleksitas lembaga penelitian, berbagai pihak di UGM sepakat untuk mengembangkan Forum Nasional yang secara rutin dapat diselenggarakan untuk pengelolaan lembaga penelitian. Tahun 2018 ini merupakan kegiatan yang kedua kali dilakukan dalam bentuk seminar dengan topik: Kepemimpinan dan Penguatan Manajemen Lembaga Penelitian di Perguruan Tinggi.

 

Tujuan

Setelah mengikuti seminar ini, peserta diharapkan dapat:

  1. Memahami kebijakan nasional tentang riset
  2. Memahami masalah pengelolaan Lembaga Penelitian dalam bentuk Pusat di perguruan tinggi;
  3. Memahami pentingnya manajemen dan support manajerial dalam Pusat Penelitian di perguruan tinggi;
  4. Memahami peran dan fungsi pemimpin dalam mengelola suatu lembaga penelitian, konsultasi, dan kerjasama
  5. Lesson learneddan tantangan lembaga riset di masa depan.

  Hasil yang diharapkan

  1. Adanya pemahaman dalam mengelola research center secara komperehensif.
  2. Adanya pembelajaran dari para tenaga ahli dalam mengelola kegiatan nasional dan internasional.
  3. Adanya agenda pengembangan di setiap Pusat yang mengikuti seminar.

Waktu dan Tempat

Seminar ini akan dilaksanakan pada:
Hari, tanggal     : Kamis, 3 Mei 2018
Waktu              : 08.00 – 16.40 WIB
Tempat             : Auditorium FKKMK UGM -  Jl. Farmako Sekip Utara, Yogyakarta

                           

Peserta

Peserta yang diharapkan hadir:

  1. Para Wakil Dekan Bidang Penelitian di Lingkungan UGM
  2. Para pimpinan/pengelola Pusat Studi di lingkungan Universitas Gadjah Mada
  3. Para pengelola dan manajer riset Pusat Kajian di lingkungan Fakultas Kedokteran UGM
  4. Para Koordinator dan Pengelola Unit Penelitian di lingkungan Fakultas Kedokteran UGM
  5. Perwakilan Dosen Fakultas Kedokteran Gigi UGM
  6. Perwakilan Dosen Fakultas Farmasi UGM
  7. Perwakilan Dosen FKKMK UGM
  8. Perwakilan Direktorat Penelitian
  9. 16 Mitra dari kegiatan Knowledge Sector Initiatives – DFAT (melalui webinar)
  10. Pengelola S2 Manajemen Pendidikan Tinggi, Pascasarjana UGM
  11. Mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan Tinggi, Pascasarjana UGM (TA 2017)
  12. Peneliti-peneliti di pusat kajian
  13. Direktur dan Diklit Rumah Sakit Jejaring Academic Health System
  14. Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia
  15. Pengelola dan Peneliti Lembaga Riset di Indonesia

  Jadwal Acara

Jam Kegiatan
08.00 – 08.30 Registrasi Peserta dan rehat pagi
08.30 – 09.00

Pembukaan

- Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

- Menyanyikan Lagu Hymne Gadjah Mada

- Tarian Pembuka

09.00 – 09.30

Pengantar kegiatan: dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D

Pembukaan: Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng - (Rektor Universitas Gadjah Mada)

Sesi 1: Governance and Priorities (Moderator: Prof. Dr. Mustofa, Apt, M.Kes.)
09.30 – 09.50

Lanskap Penelitian Nasional dan Strategi Pengembangan Riset

(Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat,   Kemenristek Dikti)

materi

09.50 – 10.10

Kebijakan dan Strategi Pengembangan Riset Kesehatan

(dr. Siswanto, MPH, DTM, Kepala Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI)

materi

10.10 – 10.30

Menghubungkan riset akademis untuk kebijakan

(Petrarca Karetji, Team Leader - Knowledge Sector Initiative Indonesia)

materi

10.30 – 11.00      Diskusi
Sesi 2: Funding, Partnership, and Taxing Arrangement (Moderator: Dr.dr. Andreasta Meliala, M.Kes. MAS) - Talkshow
11.00 – 12.00

Kolaborasi dan Hilirisasi Riset Bidang Kesehatan (Bpk. Raymond R.  Tjandrawinata, Executive Director Dexa Medica)

materi
Pendanaan riset melalui Filantropi (Bpk Hamid Abidin, Kepala Divisi Riset dan Pendidikan Filantropi Indonesia)

materi
Pengalaman Pendanaan Riset Melalui Filantropi (Bpk. A. Wahyuhadi, Tahija
Foundation)


Pendanaan riset melalui donor internasional (USAID)

materi
Pendanaan riset melalui donor internasional (Ria Arief, DFAT)
Kebijakan Pajak Pendanaan Riset (Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D, Direktorat Keuangan
Universitas Gadjah Mada)

materi

12.00 – 12.30 Diskusi
 
12.30 – 13.30

Makan Siang dan Pameran Poster

Sesi 3: Research Organization (Moderator: Dr. Ir. R. Wahyu Supartono)
13.30 – 14.30

Kepemimpinan dan Manajemen Lembaga Riset

WR Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM (drg. Ika Dewi Ana,M.Kes.,Ph.D)

materi
Wakil Direktur IMERI Fakultas Kedokteran UI (dr. Budi Wiweko, Sp.OG (K), MPH)

materi
LH Martin Institute (LHMI) University of Melbourne (Asa Olsson)

materi
Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito (Dr. dr. Darwito, SH, SpB(K) On)

materi

 

14.30 – 15.00 Diskusi
15.00 – 15.30 Rehat Sore
Sesi 4: Young Scientist Forum (Moderator: Prof. Agung Endro Nugroho, M.Si., Ph.D.)
15.30 – 16.00

Talkshow: Kolaborasi Riset Lintas Fakultas Klaster Kesehatan

- Perwakilan Dosen Muda Fakultas Kedokteran Gigi

- Perwakilan Dosen Muda Fakultas Farmasi

- Perwakilan Dosen Muda FKKMK UGM : dr. Rusdy Ghazali Malueka, Ph.D., Sp.S

16.00 – 16.30 Diskusi
16.30 – 16.40 Penutupan (Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., SpOG(K) - Dekan FKKMK UGM)

 

  Biaya Pendaftaran

Umum Rp. 500.000

Webinar Rp. 250.000

  Informasi dan Pendaftaran

Lingkungan Universitas Gadjah Mada
Sdri. Glory HapsaraSuryandari
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Tel: (0274) 560 300 ext 205
HP: 082137443334

Peserta Umum dan Webinar
Sdri. Maria Lelyana (Lely)
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. cc ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Tel: (0274) 549425 – hunting
HP. 08132976000