Telah Diselenggarakan Pelatihan Menulis Bagi Peneliti

PKMK. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) telah dikenal sebagai lembaga penelitian dan konsultasi yang berbasis di FK UGM, dengan klien dari dalam maupun luar negeri. Dengan latar belakang lembaga pendidikan, maka kemampuan menulis ilmiah menjadi suatu hal yang mutlak dimiliki oleh para tenaga konsultan, peneliti dan asisten yang ada di lembaga ini. Terlebih kedepannya, PKMK akan berubah dari lembaga yang awalnya murni melakukan riset menjadi lembaga ynag sifatnya intermediary, yaitu melakukan riset sekaligus advokasi berbasis riset. Hasil riset yang menjadi bahan advokasi harus dikemas dalam bentuk tulisan dengan bahasa yang baik dan menarik agar mudah dipahami oleh kalangan non-kesehatan dan non-akademisi. Upaya advokasi akan dilakukan dengan metode yang lebih terbuka dengan memanfaatkan website, sehingga materinya akan dapat diakses oleh siapa saja, dari mana saja. 

Manajemen PKMK telah melaksanakan Pelatihan Menulis bagi Peneliti pada tanggal 27 November 2013. Pelatihan ini dihadiri oleh para peneliti dan juga staf pendukung. Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum sebagai narasumber yang berpengalaman, telah memberikan pelatihan bagaimana cara menulis dan menyunting. Materi yang diberikan mencakup mengidentifikasi unsur dan alur paragraf, mengenali dan menulis jenis-jenis paragraf menurut isinya, mengidentifikasi unsur-unsur kalimat, menggabungkan kalimat dan mengefektifkan kalimat. Selain itu, dibahas juga mengenai aspek-aspek teknis dan kebahasaan dalam penulisan dan penyuntingan. Seperti yang disampaikan oleh narasumber bahwa untuk dapat menyunting naskah dengan baik, terkait dimensi kebahasaannya, sangat diperlukan penguasaan ihwal bahasa penyuntingan yang baik. Tanpa penguasaan dimensi-dimensi kebahasaan, mustahil penulisan dan penyuntingan akan dijalankan dengan baik. 

Bagi para peneliti yang belum sempat hadir dalam pelatihan ini, silakan klik link di bawah ini untuk mengunduh materi dan melihat video tayangan pelatihan:

Silakan klik untuk melihat video pelatihan.

Video Part 1

 

 

Video Part 2

 

 

Video Part 3

 

 

Pelatihan ini memberi penugasan pada setiap peserta diminta untuk menulis 1 lembar policy brief. Pastikan tulisan bebas dari kesalahan kebahasaan dan kalimat-kalimatnya efektif, memiliki isi atau substansi yang jelas, padat dan akurat. Penugasan dikumpulkan paling lambat hari Kamis, tanggal 5 Desember 2013 melalui email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  

- Bagi 3 Penugasan Terbaik akan mendapatkan buku Penyuntingan Bahasa Indonesia untuk Karang-Mengarang yang ditulis oleh Narasumber.