Arsip Pengantar

Pertemuan Tahunan PKMK Ke-19

Rabu, 4 Januari 2017

Cover 2017

PKMK- Yogya. Pertemuan tahunan PKMK Ke-19 telah diselenggarakan pada Rabu (4/1/2017) di ruang Senat, Fakultas Kedokteran UGM. Acara ini menjadi momen bersejarah karena PKMK mengalami estafet kepimpinan gelombang ketiga. DR. dr. Andreasta Meliala, M.Kes, MAS terpilih sebagai Direktur periode 2017 - 2020 menggantikan posisi dr. Yodi Mahendradhata, MSc. PhD. Sebelum serah terima jabatan berlangsung, Dekan FK UGM yaitu Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, PhD, SpOG (K) juga menyatakan harapannya agar PKMK dapat menjadi Centre of Excelence tidak hanya di tataran Fakultas namun bahkan Universitas dalam hal ini UGM.

Laporan selengkapnya dapat didownload di sini.

Reportase selengkapnya silakan simak di sini.

 

 

 

 

 


 

Diskusi Refleksi 2016 dan Outlook 2017

Kebijakan dan Manajemen Kesehatan

Jumat, 23 Desember 2016

Tahun 2016 merupakan tahun ketiga pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sebuah kebijakan kesehatan yang bertujuan mulia untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat. Salah satunya kemudahan dan pemerataan akses pelayanan kesehatan di seluruh pelosok negeri. Pelaksanaan kebijakan ini telah memberikan manfaat kepada jutaan warga Indonesia walaupun masih terdapat banyak kekurangan. Selain kebijakan JKN, ada berbagai kebijakan kesehatan penting yang perlu direfleksikan baik dari sektor kesehatan global maupun secara umum di Indonesia. Berbagai dinamika yang timbul dalam konteks kebijakan dan manajemen kesehatan di tahun 2016 tersebut perlu direnungkan untuk keperluan pengembangan dan perbaikan di tahun 2017.

Dalam rangka menyimpulkan berbagai peristiwa terkait kesehatan yang terjadi di tahun 2016 dan menyambut tahun 2017, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM menyelenggarakan "Diskusi Refleksi 2016 dan Outlook Kebijakan & Manajemen Kesehatan 2017".

Informasi selengkapnya silakan simak di website www.kebijakankesehatanindonesia.net


Simposium Global Ke-empat tentang Penelitian Sistem Kesehatan

Symposium Vancouver Nov 2016

Simposium Global Health Systems Research menyatukan berbagai pelaku yang terlibat dalam sistem kesehatan dan penelitian kebijakan dari seluruh dunia. Pertemuan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan dihadiri oleh ribuan peneliti dari berbagai penjuru dunia.

Simposium Global Health System Research ke-4 (November 14-18, 2016, Vancouver, Kanada) akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana sistem kesehatan dapat bertahan terhadap guncangan, menanggapi kebutuhan yang muncul dan memanfaatkan peluang-peluang baru dalam menghadapi tantangan yang muncul.

Tujuan khusus dari Simposium ini adalah:

  • Berbagi penelitian yang state-of-the art mengenai cakupan kesehatan semesta;
  • Mengembangkan agenda prioritas penelitian global khususnya percepatan kemajuan cakupan kesehatan semesta;
  • Memfasilitasi kolaborasi penelitian di seluruh disiplin ilmu, sektor, inisiatif dan di berbagai negara;
  • Memperkuat panduan ilmiah dari penelitian sistem kesehatan, termasuk konsep, kerangka kerja, langkah-langkah dan metode;
  • Mengidentifikasi mekanisme untuk memperkuat kapasitas - individu, infrastruktur kelembagaan - untuk penelitian tentang sistem kesehatan, khususnya di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Peneliti PKMK FK UGM berkesempatan mengikuti simposium ini, simak reportase tim PKMK melalui website ini. Silakan kunjungi website resmi simposium untuk menggali informasi lebih jauh di website http://healthsystemsresearch.org/hsr2016/


Telah terselenggara

KONAS IAKMI Ke-XIII Makassar

Kongres Nasional (KONAS) Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) pada 3-5 November 2016 di Makassar mengambil tema 'Masyarakat Hidup Sehat dan Bahagia dalam Mencapai Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDG 2030)'. Kongres Nasional ini mempertemukan seluruh ahli kesehatan masyarakat (serta mahasiswa dan pemerhati kesehatan masyarakat) yang ada di Indonesia dengan para pakar.

Beberapa topik yang menjadi fokus kegiatan ini antara lain: keluarga sehat, KB dan kesehatan reproduksi, perdesaan sehat, pendayagunaan SDM kesehatan, perilaku bersih dan sehat, kota sehat dan bahagia, kesehatan mental dan lain-lain. Sebelum KONAS diadakan pula pelatihan dan workshop yang harapannya dapat meningkatkan kemampuan peserta. Reportase selengkapnya kegiatan Konas IAKMI dapat disimak pada link di bawah ini.

book iconBuku program Konas IAKMI XIII klik di sini

   
 

Informasi selengkapnya dapat disimak melalui link berikut ini.


Workshop Partnership With The Private Sector for UHC

Workshop Partnership With The Private Sector for UHC and Other National Goals resmi dibuka pada Selasa (11/10/2016) di Hotel Santika, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 40 peserta dari beberapa negara di Asia. Sementara, para pembicara merupakan dosen, konsultan dan peneliti senior dari sejumlah negara, antara lain: Narjis Rizvi (Aga Khan University), Eng Kiong Yeoh (Faculty of Medicine, The Chinese University of Hong Kong), Laksono Trisnantoro (FK UGM), Ted Herbosa (University of the Philippines, Manila), Adi Utarini (FK UGM), Siripen Supakankunti dan Chantal Herberholz (Chulalongkorn University, Bangkok).

Informasi selengkapnya dapat disimak melalui link berikut ini.


Forum Mutu IHQN Ke-XII:

Mengukur dan Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan dalam JKN

Manado, 21-22 September 2016

Hampir 3 tahun perjalanan JKN, selama ini sering dikatakan bahwa dengan JKN kemudahan akses pelayanan kesehatan telah meningkat, namun apakah benar hal tersebut telah terjadi? Bagaimana dengan dimensi mutu yang lain? Apakah sudah lebih efektif? lebih efisien? lebih aman? lebih tepat waktu? dan lebih mengutamakan pasien? Para pengelola fasilitas pelayanan kesehatan baik rumah sakit, Puskesmas maupun klinik pratama dan utama harus mampu secara tepat mengukur mutu pelayanan dan melalukan upaya peningkatan mutu. Para regulator baik ditingkat pusat maupun daerah juga dituntut mempunyai kompetensi yang serupa. Forum Mutu XII ini berusaha untuk menyajikan konsep dan penerapan cara mengukur dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dalam JKN. Forum Mutu XII akan terdiri dari kegiatan seminar, workshop, pameran poster dan studi banding. Acara ini diselenggarakan di Manado pada 21-22 September 2016.

Informasi selengkapnya dapat disimak melalui link berikut ini.


REQUEST FOR LETTERS OF INTENT (LOI)

DECISION MAKER LED IMPLEMENTATION RESEARCH

Request LOI

The Center for Health Policy and Management in collaboration with the Alliance for Health Policy & Systems Research (AHPSR), the Special Programme for Research, Development and Research Training in Human Reproduction (HRP), and the Special Program for Research and Training on Tropical Diseases (TDR), is soliciting letters of intent for research that seeks to enable the effective implementation of health programmes in Indonesia. Grants of up to US$ 10,000 will be available to support research studies of up to 12 months in duration, depending on the scope and focus of the study as well as the study setting. Research funded under this call is expected to focus on the generation of new strategies and knowledge that will enable more effective implementation of existing programmes within health systems. Implementers of health programs are the main target audience for this call.

For further information please click here or visit website:
http://indonesia-implementationresearch-uhc.net/


Community of Practice

Pengembangan Kemampuan Teleconference

PKMK-Yogya. Saat ini teknologi internet perkembangannya sangat pesat sekali, kini semakin banyak juga tugas yang dapat dilakukan dengan lebih mudah. Mulai hal sederhana seperti berkirim file hingga transaksional bisnis atau jual beli semua terbantu dengan adanya internet tanpa terbatas oleh ruang, waktu, serta jarak yang selama ini menjadi persoalan atau kendala tersendiri dalam melakukan komunikasi antar beberapa pihak. Dengan tersedianya teknologi internet semua hambatan tersebut dapat teratasi. Untuk memudahkan dalam mengelola berbagai pekerjaan atau kegiatan, salah satu teknologi yang dipergunakan adalah webinar.

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) mengembangkan kemampuan teleconference bagi mitra-mitra yang memerlukan. Tujuan kegiatan ini agar para mitra dapat memahami sistem teleconference untuk mengikuti dan menyelenggarakan seminar, diskusi, pelatihan dan pertemuan-pertemuan. Selain itu, para mitra dapat menguasai kemampuan teknis teleconference dan mampu memasang sistem ini di tempat masing-masing.

Informasi selengkapnya dapat dibaca di sini.


Website

Kanal Pengetahuan dan Informasi

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) mendukung Fakultas Kedokteran dalam mengembangkan Kanal Pengetahuan dan Informasi. Kanal ini menjadi sumber pengetahuan dan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat. Program inovasi Kanal Pengetahuan dan Informasi yang berfungsi seperti “Menara Air” untuk seluruh masyarakat Indonesia, dan telah diresmikan pada saat Dies ke-70 Fakultas Kedokteran UGM. 

Website kanal dapat diakses di link ini.


Agenda

Blended Learning Intensive Course:
Partnership with the Private Sector for UHC & other national goal

Blended Learning ini akan dimulai pada Agustus - September (melalui proses web-based). Selanjutnya pada 11-14 Oktober 2016 akan digelar tatap muka kursus intensif blended learning yang mengangkat tema Partnership with the Private Sector for UHC & other national goal. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Asia Network Capacity Building in Health System Strengthening (ANHSS) dan UGM. Ada banyak perubahan penting yang terjadi di Asia dewasa ini, dua diantaranya gerakan Universal Health Coverage (UHC) dan Non Communicable Disease (NCD). Sektor swasta menjadi pemain dan sumber kunci dalam pelaksanaan UHC di Asia. Sehingga melibatkan sektor swasta dalam pencapaian dan penanganan ini dirasa penting untuk mencapai tujuan di sektor kesehatan.

Kursus ini didesain sebagai kursus regional dan sebagai pengalaman Asia dalam menyiapkan perspektif realistik dan praktis untuk mencapai UHC dan mengontrol perkembangan Non Communicable Disease (NCD). Para pembicara dalam kursus ini antara lain berasal dari UGM, Chulalongkorn University, The Chinese University of Hong Kong, Asian Institute of Management Makati City dan Department of Community Health Sciences Aga Khan University.

Simak TOR selengkapnya di sini.


 Agenda

Diskusi Panel ke-2
Harapan-Kenyataan dan Solusi JKN

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah bergulir sejak 1 Januari 2014 dan diharapkan seluruh penduduk Indonesia tercover JKN di tahun 2019 (Universal Health Coverage). UU No. 40/2004 menyatakan bahwa SJSN diselenggarakan dengan mekanisme Asuransi Sosial dimana setiap peserta wajib membayar iuran guna memberikan perlindungan atas risiko sosial ekonomi yang menimpa peserta dan/atau anggota keluarga. Atas dasar rasa tanggung jawab untuk menyukseskan program JKN menuju UHC, maka Indonesia Health Care Forum (IndoHCF) sebagai yang merupakan CSR IdsMED bekerjasama dengan Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran UGM akan melaksanakan Diskusi Panel ke-2 tahun 2016 dengan tema Harapan-Kenyataan dan Solusi JKN pada tanggal 26 April 2016 pukul 13.00 – 17.00 WIB. 

Simak TOR selengkapnya di sini.


Reportase

Pertemuan Tahunan PKMK ke-18

Pertemuan tahunan pkmk 2016

Apresiasi besar untuk Pusat Kebijakan dan Manejemen Kesehatan (PKMK) FK UGM disampaikan oleh Prof. dr. Adi Utarini, MSc., MPH., Ph.D, Wakil Dekan bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama pada sambutan dan pembukaan Pertemuan Tahunan PKMK ke-18 (5/2/2016). PKMK memberikan kontribusi besar bagi perkembangan FK UGM, salah satunya terkait dana yang dikelola FK UGM. Dana yang dikelola oleh FK UGM sebesar 16 Milyar Rupiah, dimana sebagian besar dana dikelola oleh PKMK dan Pusat Penelitian Tropis.

Reportase selengkapnya dapat disimak di sini.


Reportase

Pelatihan Presenting dan Public Speaking

Berbicara di depan umum, kerap menjadi momok bagi sebagian orang. Sementara seiring perkembangan jaman, berbicara di depan umum atau melakukan presentasi sudah menjadi tuntutan untuk beragam profesi, tidak terkecuali di dunia kedokteran dan kesehatan. Sedangkan tidak semua orang memiliki skill yang tepat untuk bisa menjadi seorang public speaker dan presenter yang handal.

Menjawab permasalahan ini, Fakultas Kedokteran UGM menggelar Pelatihan Presenting dan Public Speaking bagi para civitas akademika dan staffnya pada hari Rabu 13 Januari 2016. Bersama pemateri dari Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta, Annisa Widayati.

Reportase selengkapnya dapat disimak di sini.


Agenda

Refleksi Kebijakan Kesehatan di Indonesia Tahun 2015

Apa yang terjadi di tahun 2015? Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional, sebuah kebijakan pembiayaan kesehatan yang bertujuan mulia untuk menjamin pelayanan kesehatan untuk semua orang di Indonesia. Pelaksanaan kebijakan ini telah memberi manfaat kepada jutaan warga Indonesia, walupun masih banyak kekurangan. Pada tahun 2015 ada berbagai kebijakan kesehatan penting yang perlu dicermati di luar Kebijakan Pembiayaan, antara lain: Kebijakan tentang Peranan berbagai Lembaga, Kebijakan Pengembangan Supply Side, Kebijakan Mekanisme Pembayaran dan Kebijakan Promosi Kesehatan. Apa yang terjadi dalam kebijakan-kebijakan kesehatan di tahun 2015 tersebut perlu direnungkan.

Seminar kaleidoskop kebijakan kesehatan 2015 telah diselenggarakan oleh Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK UGM pada Rabu (30/12/2015). Informasi selengkapnya silahkan klik pada link berikut:

    


Agenda

Seminar Gratifikasi Dokter: Permasalahan Etika atau Hukum?

Perbedaan gratifikasi dan suap terletak pada adanya “meeting of mind” antara dua pihak yang memiliki kepentingan.Selayaknya dokter atau institusi melapor kepada KPK apabila mendapatkan “bonus” dari perusahaan obat. Setelah itu akan diputuskan apakah barang tersebut termasuk gratifikasi atau bukan? Apabila termasuk gratifikasi maka akan menjadi milik negara, tapi apabila bukan maka akan menjadi milik dokter tersebut. Dua hal ini menjadi bagian dari kesimpulan Seminar Gratifikasi: Permasalahan Etika atau Hukum yang digelar pada Sabtu (12/12/2015) di Ruang Senat, Fakultas Kedokteran UGM.

Laporan selengkapnya dapat disimak di sini.


Agenda

Rangkaian Acara Ketiga E-Learning Forum 2015

E-Learning Forum 2015 pertemuan ketiga diisi dengan pameran web-web Menara Air (sesi pagi) dan Diskusi Potensi Website untuk Menguatkan Peran UGM Sebagai Sumber Pengetahuan untuk Bangsa (sesi siang). Pameran dibuka pada Selasa pagi hari (1/12/2015) dan Diskusi Potensi Website dalam Pengembangan Ilmu dilaksanakan pada siang hari di Balai Senat. Simak reportase, video dan materi acara tersebut klik di sini.

Para young scientist yang berbagi ilmu (2/12/2015) berasal dari bidang teknik dan kedokteran. Banyak yang dapat dipelajari dari dua bidang ini. Lalu diikuti dengan peresmian praktisi keilmuan yang diharapkan mampu membawa banyak perkembangan positif terkait penyebaran ilmu di masa depan. Simak reportase, video dan materi selengkapnya klik di sini.


Agenda

Seminar e-Learning Forum 2015 yang Kedua

Seminar e-Learning Forum 2015 yang kedua akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 16 November 2015 di Ruang Senat, Gedung Administrasi (KPTU) Fakultas Kedokteran UGM. Seminar ini akan mengangkat tema Massive Open Online Course (MOOC), Blended Learning, Knowledge Management: Apa yang sudah dilakukan UGM dan apa yang akan dilakukan?. Penggunaan e-Learning selama ini telah terbukti memeratakan akses untuk seluruh peserta, selain untuk efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pembelajaran juga.

Info selengkapnya seputar seminar MOOC dapat Anda baca di sini.


Review Buku

Going Universal:
How 24 Developing Countries Are Implementing
Universal Health Coverage from the Bottom Up

Selain membahas penelitian bersama PKMK FK UGM, Ajay Tandon menjadi pembicara utama pada bedah buku “Going Universal: How 24 Developing Countries Are Implementing Universal Health Coverage Reforms From Bottom Up”. Buku yang telah ditulis oleh beliau bersama tim World Bank Group lainnya berusaha menyampaikan trend dan tantangan kebijakan dalam pelaksanaan cakupan semesta di 24 negara.

Selain menjawab beberapa pertanyaan audien (baik yang mengikuti secara webinar maupun tatap muka), Ajay menyatakan bahwa sebagian besar program jaminan sosial menjadikan masyarakat miskin sebagai sasaran utama. Adanya peran pemerintah yang mendanai 100% program jaminan sosialpun ditemukan Ajay pada kajian tersebut.

Walaupun basis studi ini terjadi sebelum tahun 2014, namun Ajay tetap khawatir bahwa out of pocket dari peserta jaminan kesehatan masih tinggi sampai saat ini, termasuk di Indonesia. Pendekatan supply-side dan demand-side menjadi salah satu rekomendasi yang ditekankan oleh beliau.

Laporan lengkap acara ini dapat Anda simak di website www.manajemen-pembiayaankesehatan.net.

Going Universal Ajay Tandon

Berbagai hal menarik lain yang dapat menjadi pembelajaran dalam membangun Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia dapat diakses selengkapnya melalui buku ini.

Buku ini dapat Anda download di sini.


Agenda

Kuliah Umum Fakultas Kedokteran UGM:
From a Grain of Salt to The Ribosome

Fakultas Kedokteran UGM menyelenggarakan kuliah umum Inspirational Lecture and Insights by Nobel Prize Committee dalam minggu ini. Kuliah umum tersebut mengangkat tema 'From a grain of salt to the ribosome'.

Kuliah umum ini menghadirkan Prof. Anders Liljas dari Lund University, Sweden. Anders merupakan peraih Nobel Prize di bidang Crystallography. Kuliah Anders dapat Anda ikuti secara langsung dan gratis pada hari Rabu tanggal 4 November 2015 di Fakultas Kedokteran UGM.

Selengkapnya dapat Anda baca di sini.


Agenda

Pameran Ilmiah Manajemen Bencana Kesehatan 2015
untuk Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM

Pembukaan Nov 2015

Sejak 2010, FK UGM berkomitmen untuk memasukkan pembelajaran bencana dalam perkuliahan kedokteran umum. Berbagai metode pembelajaran digunakan untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami manajemen bencana di sektor kesehatan (disaster health management) dan bencana kedokteran (disaster medicine), salah satu yang digunakan adalah pameran ilmiah. Hasil survey selama dua tahun menunjukkan bahwa mahasiswa menyenangi pembelajaran bencana dengan metode pameran disebabkan oleh:

    1. Fungsi diskusi berjalan dengan baik oleh mahasiswa, mereka merasa mempunyai kesempatan yang lebih untuk berdiskusi langsung dengan para penggiat bencana yang menjadi peserta pameran.
    2. Mahasiswa mendapat gambaran mengenai pananganan bencana dengan melihat dokumentasi-dokumentasi yang ditunjukkan oleh masing-masing stand pameran.
    3. Mahasiswa merekomendasikan pameran selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

TOR selengkapnya dapat dibaca di sini.

Reportase selengkapnya dapat dibaca di website www.bencana-kesehatan.net.


Reportase

Pengembangan e-learning di UGM

Seminar aplikasi e-learning dalam proses pendidikan di UGM telah diselenggarakan pada Jum’at (9/10/2015) di University Club, UGM. Melalui seminar ini, muncul harapan agar e-learning di UGM semakin berkembang, seperti  eLisa yang akan lebih mudah digunakan, misalnya  dilengkapi dengan notifikasi update. eLisa merupakan platform website yang digunakan untuk berinteraksi dan berdiskusi antar civitas UGM. Sejauh ini, belum banyak civitas akademika UGM yang menggunakan eLisa ini. Bukan hanya eLisa yang dibahas, melainkan juga pengalaman Wim Polderman yang sudah menggunakan mobile phone di Belanda untuk e-learning. Wim merupakan pembicara tamu dalam acara ini. Simak laporan selengkapnya di sini.


Agenda

Seminar "Aplikasi e-Learning
dalam Proses Pendidikan di UGM"

Seminar terkait e-Learning ini akan digelar pada Jum'at, 9 Oktober 2015 di Ruang Bulaksumur, University Club UGM. Acara ini akan dibagi dalam dua sesi dan akan berlangsung pukul 08.30 - 11.30 Wib. Sesi pertama, akan menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. Sri Suning Kusumawardani, ST. MT dan Widyawan, ST, M. Sc, PhD dengan moderator drg. Ika Dewi Ana, PhD.

Sementara sesi kedua, akan hadir Wim Polderman dari Vrije University Medical Center Amsterdam serta Ir. Djoko Lukmanto, M. Sc, PhD sebagai pembicara. Moderator sesi kedua ialah Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M. Sc, PhD.

Seminar ini merupakan acara pertama dari rangkaian UGM e-Learning Forum 2015. Acara berikutnya akan diselenggarakan pada 1 - 2 Desember 2015, yaitu Pameran dan Workshop Website "Menara-Menara Air".

Acara ini terselenggara atas kerja sama Pusat Inovasi dan Kebijakan Akademik (PIKA), Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP), Direktorat Informasi dan Sumber Daya Informasi (DSDI), Fakultas Kedokteran dan Panitia Dies Natalis UGM Ke-66.

Informasi lebih lanjut terkait acara-acara tersebut, dapat diakses melalui link berikut.


 Agenda

PKMK FK UGM terlibat dalam UGM EXPO 2015

5687 ugm gelar ugm expo 2015Dalam rangka Dies Natalis ke-66, Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan "UGM Expo 2015". Expo ini dilaksanakan pada 28 September-2 Oktober 2015 di Grha Sabha Pramana UGM dengan Ragam dan Jadwal kegiatan berikut. UGM Expo ini terbagi dalam delapan zona, yaitu science dan technopark, kedaulatan pangan, energi, tata kelola dan kearifan lokal, kesehatan dan obat, bencana dan lingkungan, zona unsur penunjang universitas dan zona market places. Fakultas Kedokteran akan bergabung dalam Zona Kesehatan dan Obat.

Silakan kunjungi Zona Kesehatan dan Obat (booth no. 49 - 60), dan dapatkan rangkaian informasi menarik seputar hasil-hasil penelitian, produk dan layanan kesehatan terpilih. Pembukaan UGM Expo telah dilaksanakan pada Senin (28/9/2015), simak reportasenya di sini.


Karya

Menyimak Penelitian PKMK melalui Media Massa

FRAUDTahun lalu atau tepatnya 29-30 April 2014, Knowledge Sector Initiative (KSI) menyelenggarakan Lokakarya Komunikasi Berbiduk Kata: Kejernihan adalah Penyembuh untuk mitra KSI. Fasilitator dalam workshop tersebut berasal dari Tempo Institute (baca liputan selengkapnya di link ini.

Eva Tirtabayu Hasri, asisten peneliti dari PKMK FK UGM menjadi salah satu peserta dalam lokakarya tersebut. Setelah mendapat gambaran penulisan di media massa, Eva tergerak untuk menuliskan hasil penelitian di PKMK ke dalam bahasa yang populer (mudah dimengerti oleh pembaca). Satu tahun berlalu, kini kita bisa menyimak tulisan Eva di situs Tempo, silakan klik di sini.


Reportase

Pelatihan Self Development Motivasi SDM

PKMK, 3 September 2015

Pelatihan SDM PKMK

Dok. PKMK: Peserta Pelatihan SDM PKMK bersama Mohammad Genta Mahardhika
President Director dari Eureka Consultant) (3/09)

Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pilar utama dalam sebuah organisasi, memerlukan upaya penyegaran dan peningkatan motivasi secara berkesinambungan, guna mendukung pertumbuhan dan kelangsungan organisasi. Tidak terkecuali bagi Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran UGM sebagai sebuah organisasi. Acara yang bertema Organizational Performance and Self Assessment Session pada Kamis, 3 September 2015 bagi jajaran manajemen, supporting staff, para peneliti serta konsultan PKMK. Bersama tim dari Eureka Consultant, para peserta diajak untuk mengenal dan memahami motivasi diri serta masalah di lingkungan kerja.

Reportase selengkapnya dapat disimak di sini.


Forum Mutu IHQN XI: Mutu Pelayanan Kesehatan

sebagai Isu Terpenting dalam JKN

Forum Mutu Kesebelas kali ini digelar di Surabaya pada 9-10 September 2015. Forum Mutu IHQN XI tahun 2015 ini diadakan untuk memfasilitasi pembahasan konsep dan pengalaman upaya-upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien di Indonesia dalam era JKN. Terdiri dari tiga bentuk kegiatan: seminar, pameran poster, dan workshop. Forum Mutu Pelayanan Kesehatan (atau dikenal dengan nama Forum Mutu) adalah agenda tahunan dari IHQN, diselenggarakan sejak tahun 2005 di kota-kota besar di Indonesia. Forum Mutu memiliki ciri khas untuk selalu berusaha menampilkan praktisi upaya peningkatan mutu sebagai pembicara sehingga tidak sekedar bicara konsep.

Lebih lengkap mengenai kegiatan ini, silakan klik di sini.


Informasi Mengenai Ujian Bagi Para Peserta

Relay Webinar Forum Kebijakan Kesehatan ke VI

di Padang

Kepada para peserta relay webinar FKKI ke VI Padang, berikut ini kami sampaikan mengenai proses mengikuti ujian. Mulai hari ini sampai mendekati waktu ujian, Anda dipersilakan mempelajari kembali materi-materi Forum Nasional ke 6 JKKI yang ada di Web ini. Silahkan menyimak TOR, materi presentasi, dan beberapa arsip video yang telah kami upload.

Setelah Anda mempelajari, anda dipersilakan untuk mendaftarkan diri dan memilih waktu ujian. Waktu ujian akan diselenggarakan setiap hari Rabu pukul 13.00-15.00 WIB. Tersedia 4 kali kesempatan untuk melakukan ujian yaitu:

  1. Rabu, 9 September 2015
  2. Rabu, 16 September 2015
  3. Rabu, 23 September 2015
  4. Rabu, 30 September 2015

Anda dapat mendaftarkan diri sesuai waktu pilihan melalui email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  dan Cc ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  . Deadline atau paling lambat pendaftaran ialah Sabtu 5 September 2015, pukul 24.00 Wib. Setelah tanggal tersebut, apabila mendadak ada ralat, Anda dipersilahkan untuk kirim info kembali.

Pada Hari H yang telah ditentukan, 30 menit sebelum jam 13.00 WIB, Anda akan menerima soal-soal ujian melalui email. Anda mempunyai waktu sampai pukul 15.00 Wib untuk menuliskan jawaban Anda ke alamat email yang akan ditentukan.

Setelah ujian, sertifikat kelulusan akan dikirimkan ke alamat melalui Co-Host atau alamat pribadi bagi peserta perorangan. Demikian pengumuman dari kami. Silakan mempersiapkan diri.


Reportase

Telah Terselenggara

Forum Nasional Kebijakan Kesehatan Indonesia VI

Padang, 24-26 Agustus 2015

Telah terselenggara kegiatan Forum Nasional Kebijakan Kesehatan Indonesia yang ke VI di kota Padang. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 24 hingga 26 Agustus 2015 di Hotel Bumi Minang Padang. Kegiatan FKKI ke-6 ini memberikan gambaran yang berbeda dari seminar – seminar lainnya, yaitu dengan mengedepankan teknologi komunikasi, FKKI menyelenggarakan seminar dan workshop berbasis webinar yang direlay di 7 kota dan webinar secara personal. Hal ini dilakukan untuk mempermudahkan masyarakat yang berkeinginan mengikuti FKKI namun tidak bisa hadir di Padang.

Adapun relay 7 kota berasal dari Universitas Mulawarman di Samarinda, UGM (kelas MMR) di Jakarta, FK UGM di Yogyakarta, Universitas Jember, Universitas Nusa Cendana di Kupang, Universitas Hasanuddin di Makassar dan Universitas Sam Ratulangi di Manado.

Di luar 7 kota tersebut, masyarakat masih dapat mengikuti dengan mendaftarkan diri melalui webinar secara personal. Sekitar 450 peserta yang mengikuti kegiatan FKKI VI dengan 90 hasil penelitian mengenai kebijakan kesehatan yang dipaparkan selama 2 hari seminar.

Banyak topik menarik yang dibahas dalam forum ini, silahkan klik link dibawah untuk menyimak reportase kegiatan serta materi presentasi setiap harinya.

Lebih lengkap mengenai kegiatan ini, silakan klik di sini.


Laporan

Kajian Teknologi Informasi Keluarga Berencana

di Indonesia

Asesmen TIPusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM bekerja sama dengan Avenir Health telah menyelesaikan kajian Teknologi Informasi tentang sistem pendataan program Keluarga Berencana di Indonesia. Kajian ini merupakan bagian dari inisiatif Penguatan Desentralisasi Monitoring dan Evaluasi untuk Program Keluarga Berencana yang sedang berlangsung.

Selain mengumpulkan data di level nasional, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Provinsi Jawa Tengah juga tercakup di dalam studi ini.

icon downloadLaporan lengkap kajian ini dapat diakses melalui klik di sini.


Laporan

Kajian Baseline tentang Sistem Pendataan Program

Keluarga Berencana di Indonesia

Asesmen BaselinePusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM bekerja sama dengan Avenir Health telah menyelesaikan kajian baseline tentang sistem pendataan program Keluarga Berencana di Indonesia. Kajian ini merupakan bagian dari inisiatif Penguatan Desentralisasi Monitoring dan Evaluasi untuk Program Keluarga Berencana yang sedang berlangsung.

Selain mengumpulkan data di level nasional, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Provinsi Jawa Tengah juga tercakup di dalam studi ini.

icon downloadLaporan lengkap kajian ini dapat diakses melalui klik di sini.


Reportase

11th World Congress:

"De Gustibus Disputandum Non Est!" Health Economics and Nutrition

Milan, Italia, 12 - 15 Juli 2015

Dok. PKMK: Suasana Pembukaan Kongres di Milan (12/7/2015)

Tahun 2015, Milan, Italia tepatnya di Bocconi University, berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres Assosiasi Ekonomi Kesehatan Internasional ke-11 dari tanggal 12 – 15 Juli 2015. Seperti diketahui Kongres Assosiasi Ekonomi Kesehatan Internasional (IHEA) merupakan pertemuan untuk meningkatkan komunikasi antar ahli ekonomi kesehatan atau praktisi yang terkait kesehatan yang berdiskusi secara mendalam dalam upaya mengaplikasikan ilmu ekonomi dibidang kesehatan maupun sistem kesehatan serta mendampingi para peneliti muda untuk memulai dibidang kerjanya.

Tema World Congress IHEA 2015 di Milan kali ini adalah: "De Gustibus Disputandum Non Est! Health Economics and Nutrition". Dalam world congress ke-11 ini tema Gizi dalam Ekonomi Kesehatan dijadikan isu kunci, bagaimana Gizi menjadi peran kunci dalam peningkatan derajat kesehatan, terutama di negara-negara sedang berkembang. Dampak ekonomi akibat gangguan Kesehatan dan Gizi, menjadi masalah utama diberbagai negara saat ini. Gangguan ekonomi kesehatan di gizi juga menjadi isu menarik dengan adanya Isu pelaksanaan Universal Health Coverage (UHC) di berbagai Negara.

Pada kesempatan kali ini, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada mengirimkan staf peneliti dan konsultan untuk ikut serta dalam konferensi ini diantaranya:

    1. Dr. Drg. Yulita Hendrartini, MKes, AAK
    2. Dra. Retna Siwi Padmawati, M A
    3. dr. Tiara Marthias, MPH
    4. dr. Likke P. Putri, MPH

Diskusi Panel dan presentasi penelitian secara paralel dalam konferensi akan dilaporkan secara langsung oleh perwakilan PKMK FK UGM dari Milan, Italia. Reportase kegiatan ini dapat Anda simak pada website www.kebijakankesehatanindonesia.net


Announcement

Call for TDR International Postgraduate Scholarship

for Academic Year 2015/ 2016

Faculty of Medicine Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Indonesia has been selected to host an international postgraduate training scheme for masters and PhD level students, providing full scholarship to up to 50 Master and 5 PhD students in the next four years (2015-2019). The grants are available to students from low- and middle-income countries of WHO South East Asia and West Pacific regions. The training will be focused on implementation research, which supports the identification of health system bottlenecks and approaches to address them.

TDR, the Special Programme for Research and Training in Tropical Diseases, has provided the award. TDR is hosted at the World Health Organization (WHO) in Geneva, Switzerland, where it is co-sponsored by UNICEF, UNDP, the World Bank and WHO.

Faculty of Medicine UGM is one of seven universities from low- and middle-income countries that have been selected to manage these grants. There are three universities in Africa, 2 in Asia, and 1 each in Latin America and the Middle East. Each will serve students from their regions.

Grant application is already released on June 15, 2015 for the Master programme of the academic year of 2015/ 2016 and will be released on November 1, 2015 for the Master and PhD programmes of the academic year of 2016/ 2017.

For further information of this program, please visit: http://graduate.fk.ugm.ac.id/

icon downloadDownload this call for scholarship


Workshop

Pengembangan Kegiatan Inovatif Minggu ke-6

Penyebaran Ilmu dan Penguatan Aplikasi Knowledge

Managemet melalui Sistem Website

PKMK-Yogya. Workshop Pengembangan Kegiatan Inovatif Penyebaran Ilmu dan Penguatan Aplikasi Knowledge Managemet melalui Sistem Website telah memasuki minggu keenam untuk Kelompok A yang terdiri atas Penanggung jawab Isi dan Kelompok B atau Pengelola Website. Pertemuan dilakukan secara tatap muka pada Senin (6/7/2015) di Ruang Sidang Utama, KPTU, FK UGM. Minggu ini, topik yang diangkat ialah 'Menyusun Business Plan'. Selengkapnya, silakan klik di sini.


Reportase

Penelitian sebagai Strategi Pembangunan Nasional 

Jumat, 12 Juni 2015

KSI 12 Juni 2015

Dokumentasi FK UGM: Suasana dialog di Balai Senat, Gedung Pusat UGM (12/6/2015)

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK UGM merupakan satu dari 16 institusi riset di Indonesia dari berbagai bidang yg terpilih dalam program Knowledge Sector Initiative, kerjasama pemerintah Indonesia dan Australia. Penerima di bidang kesehatan hanya PKMK FK UGM. 

Tema program KSI adalah "from Knowledge to Policy" dan hari ini 12 Juni 2015, UGM menjadi tuan rumah "Dialog Menjembatani Penelitian dengan Pengambilan Kebijakan". Acara dihadiri oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas beserta jajarannya, Pemerintah Australia (Department of Foreign Affairs and Trade), Knowledge Sector Initiative Australian Aid, para mitra KSI, UGM dan jajarannya, serta dibuka oleh Rektor UGM.

Reportase selengkapnya silakan simak di sini.


Agenda

Lokakarya Mekanisme Studi Diagnostik pada Universitas

Hambatan Penelitian dengan Mitra Universitas

Senin, 8 Juni 2015

KSI - Lokakarya Mekanisme Studi Diagnostik 8 Juni 2015

Dok PKMK: Suasana Lokakarya di Ruang Sidang Utama, Gedung KPTU FK UGM (Senin 8/6/2015)

KSI bekerjasama dengan PKMK FK UGM menyelenggarakan Lokakarya Mekanisme Studi Diagnostik pada Universitas Hambatan Penelitian dengan Mitra Universitas. Acara tersebut akan digelar pada hari ini, Senin (8/6/2015) pukul 09.00-16.00 WIB. Lokakarya ini bertujuan untuk membahas mekanisme antara KSI dan mitra universitas untuk commissioning studi diagnostik pada hambatan penelitian universitas. Workshop ini akan menawarkan sebuah forum untuk terlibat dengan para pemangku kepentingan termasuk pembuat kebijakan dan perantara. Acara ini mengundang 4 perwakilan periset dari universitas mitra KSI, staf KSI, serta perwakilan dari Menristek/ pemerintah.
Reportase selengkapnya di sini.

Jadual acara dan materi selengkapnya di sini.


Reportase

Study Visit ke Lembaga-Lembaga Think Tank di Tiongkok

Tiongkok, 5 - 7 Mei 2015

KSI (Knowledge Sector Initiative) memfasilitasi enam belas lembaga penelitian dan think tank di Indonesia (salah satunya adalah PKMK) untuk melakukan study visit ke lembaga-lembaga think tank di Tiongkok (Beijing dan Shanghai). Tujuan kunjungan adalah untuk mempelajari bagaimana proses penyusunan kebijakan berbasis bukti di Tiongkok dan bagaimana lembaga think tank memberikan peran dalam proses mulai dari penelitian hingga evaluasi pelaksanaan kebijakan tersebut. Kunjungan yang berlangsung mulai tanggal 5 – 7 Mei di Beijing dan tanggal 11 Mei di Shanghai merupakan rangkaian dari kegiatan penguatan kapasitas 16 lembaga penelitian dan advokasi (think tank) di Indonesia yang sudah berlangsung sejak tahun 2013. Kami menyajikan laporan secara harian untuk Anda.


Reportase
 selengkapnya dapat disimak di website www.manajemenrumahsakit.net


Reportase

Fraud Prevention for Project Management

Yogyakarta, 25 Mei 2015

Seminar Fraud - ACFE

Dok PKMK: Suasana Seminar di Ruang Teather, Fakultas Kedokteran UGM (Senin 25/5/2015)

Fraud atau penyimpangan, tampaknya masih menjadi sebuah istilah yang belum familiar dibandingkan korupsi. Padahal, fraud merupakan induk dari korupsi, faktanya korupsi merupakan bagian dari fraud sebagaimana dijelaskan dalam Seminar Fraud Prevention for Project Management yang digelar Pusat Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran UGM Senin siang (25/5/2015).

Dr. Yodi Mahendradhata, MSc, PhD selaku Direktur PKMK FK UGM dalam pembukaan memaparkan bahwa sebenarnya fraud sudah bukan hal baru di PKMK karena selama ini PKMK juga menyoroti fraud namun lebih ke fraud dalam pelayanan kesehatan. Sedangkan fraud yang dibahas dalam seminar kali ini adalah fraud yang berhubungan dengan Manajemen Proyek, yang justru masih kurang familiar di kalangan internal PKMK sendiri yang notabene merupakan lembaga pelatihan dan penelitian yang selalu berhubungan dengan proyek. Oleh karena itu, seminar kali ini diharapkan dapat memberi pemahaman yang lebih matang baik bagi internal PKMK maupun peserta dari institusi lain, guna meminimalisir terjadinya fraud dalam manajemen proyeknya.

TOR selengkapnya silakan Anda simak di sini.

Reportase silakan di simak di sini.


Workshop

Pengembangan Kegiatan Inovatif:

Penyebaran Ilmu dan Penguatan Aplikasi Knowledge

Management melalui Sistem Website

Kamis, 4 Juni 2015

ejournalPusat Inovasi Kebijakan Akademik (PIKA) UGM bekerja sama dengan PKMK menyelenggarakan workshop Pengembangan Kegiatan Inovatif: Penyebaran Ilmu dan Penguatan Aplikasi Knowledge Management melalui Sistem Website pada Kamis, 4 Juni 2015 di Ruang Sidang 1, Gedung Rektorat UGM. Workshop ini bertujuan untuk mempublikasikan jurnal-jurnal karya Dosen UGM agar dapat diakses oleh masyarakat luas. Ada kemungkinan banyak dosen yang menulis di artikel internasional, namun ilmunya tidak dipergunakan oleh masyarakat luas atau pengambil keputusan. Harapannya, kegiatan ini akan menghasilkan empat item, antara lain: pertama, dokumen proposal dan rencana operasional untuk Dekanat/ Rektorat dalam mengembangkan kemampuan sebagai Unit Penyebaran Ilmu dan Knowledge Management. Kedua, mempunyai data mengenai audiens dan Community of Practice yang akan disasar. Ketiga, draft Struktur organisasi dan fungsi unit pengelola kegiatan serta pembagian tugasnya di fakultas. Keempat, prototype website yang spesifik.

TOR selengkapnya silakan disimak di sini.


Reportase

Workshop Penyebaran Ilmu dan Knowledge Management

Senin, 27 April 2015

UGM sebagai salah satu institusi yang salah satunya memiliki fungsi menjadi agent of change, dinilai masih kurang maksimal dalam upaya penyebaran ilmunya secara luas ke masyarakat. Faktanya selama ini, proses penyebaran ilmu oleh dosen atau peneliti masih hanya berfokus melalui penulisan di jurnal ilmiah, yang terbatas jangkauannya baik secara lapisan maupun jumlah pembacanya. Sehingga, UGM seolah-olah hanya menjadi sebuah Menara Gading yang tampak indah dipandang, namun tidak bisa dirasakan manfaat kehadirannya secara nyata. Oleh karena itulah, muncul pemikiran untuk menjadikan UGM sebagai Menara Air, yang selain elok dipandang namun juga dapat dirasakan manfaatnya untuk seluruh masyarakat. Sehingga selain menuangkan pemikirannya ke dalam jurnal ilmiah yang terbatas pembacanya, dosen/ peneliti juga harus menuangkan pemikiran-pemikirannya dalam bentuk materi yang di-upload ke website yang dapat diakses secara luas oleh masyarakat berbagai kalangan. Hal tersebut dikemukakan oleh Prof. Laksono Trisnantoro, M.Sc, PhD, dalam Workshop Penyebaran Ilmu dan Knowledge Management, di Ruang Sidang Utama Fakultas Kedokteran UGM, Senin siang (27/4/2015).

Reportase, materi, dan video dapat disimak klik di sini.


Kongres

19th World Congress on Disaster and Emergency

Cape Town, South Africa, April 21-24th 2015

Dokumentasi PKMK: Suasana Kongres di Cape Town

Kali ini World Congress On Disaster and Emergency Medicine (WCDEM) yang kesembilan belas diselenggarakan di Cape Town, Afrika Selatan pada 21-24 April 2015. WCDEM ini membahas salah satunya lima isu pesan kunci untuk bidang kesehatan dalam Sendai Framework yaitu: hasil dari pengurangan risiko bencana tidak hanya menyelamatkan jiwa manusia saja, tetapi juga kesehatan, pendekatan seluruh hazard (termasuk epidemi dan pandemi), isu safe hospital sebagai prioritas utama, investasi di sektor kesehatan, dan target dan indikator yang fokus pada kesehatan. Sendai framework ini dirumuskan untuk menggantikan Hyogo framework yang sudah berakhir. Tim dari Pokja Bencana PKMK FK UGM ikut menghadiri kegiatan ini.

Reportase kegiatan kami di kongres ini dapat disimak di website www.bencana-kesehatan.net.


Reportase

The 2nd Indonesian Health Economics Association

Congress and World Health Day 2015

Dokumentasi PKMK: Suasana saat hari ke-3 InaHEA (10/04/2015)

Pergelaran InaHEA kali kedua (7-10 April 2015) di Jakarta ini cukup menarik untuk disimak. Salah satu isu yang dibahas oleh Salvador Capello ialah food production yang berpengaruh terhadap outcome kesehatan dan ekonomi. Daur ulang food production itu menunjukkan bahwa ketersediaan pangan erat kaitannya denganoutcome kesehatan berupa pencegahan malnutrisi pada anak (wasting, stunting dan lain-lain). Hal ini berlanjut kepada kualitas anak dalam pendidikan (mencegah Drop Out sekolah) hingga akhirnya juga menentukan kemampuan SDM suatu negara untuk produktif membangun negara.

Silakan simak laporannya melalui website www.manajemen-pembiayaankesehatan.net.


Seminar

Lingkungan Layak Anak berbasis Gerakan Integratif

PKMK- Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM sebagai bagian dari unsur masyarakat serta merujuk pada Pasal 20 Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak telah menyelenggarakan seminar child protection dengan judul “Lingkungan Layak Anak Berbasis Gerakan Integratif” pada Rabu, 8 April 2015 di Wisma MM UGM pukul 12.00-16.45 WIB. Seminar ini mengupas Perlindungan Anak dari perspektif perundang-undangan Indonesia, injury prevention & control: sexual violence, serta studi kebijakan perlindungan perempuan dan anak di DIY.

> TOR acara ini dapat disimak klik di sini.

> Materi, Video, dan Reportase selengkapnya silakan Anda simak klik di sini.

Dokumentasi PKMK: Suasana Seminar di Wisma MM UGM (8/4/2015)


Program Pelatihan Konsultan Minggu Ke-5:

Menyusun Plan Of Action (POA)

Prof Laksono Trisnantoro

Tatap muka kelima yang kali ini dilaksanakan pada hari Kamis 2 April 2015 dimajukan dari jadwal sebelumnya. Pertemuan ini disampaikan oleh Prof. Laksono dari Gedung Perpustakaan FK UGM, Yogyakarta dimulai pada pukul 16.30 WIB. Forum ini membahas mengenai bagaimana membuat sebuah Plan of Action (POA) dari kegiatan konsultasi. POA sendiri memiliki berbagai tahap langkah kegiatan. Beberapa tahap tersebut dibawakan oleh Prof. Laksono dan menjadi bahan diskusi oleh para peserta pelatihan dalam pertemuan ini.

Jadwal pelatihan serta materi presentasi

silakan klik di sini.

Dokumentasi PKMK: Suasana Pelatihan di Ruang Teather (2/4/2015)


Rangkaian Annual Scientific Meeting:

Seminar Academic Health System

Dalam rangka Annual Scientific Meeting (ASM) 2015, Tim Pengembangan Integrasi FK UGM-RSA UGM-RSUP Dr. Sardjito-RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro-RSPAU Dr. S. Hardjolukito dan RSUD Banyumas menyelenggarakan seminar Pengembangan Academic Health System (AHS) menyongsong era pasca MDGs. Pembicara yang hadir ialah Prof. Kevin Wamslev, PhD dari South Western Academic Health Network, Ontario, Canada.

Tema yang diangkat kali ini ialah "Transformasi pelayanan kesehatan di Indonesia pasca MDGs melalui integrasi dalam dunia pendidikan kedokteran dan tenaga kesehatan lainnya, penelitian/ pelatihan dan praktek klinis dalam konsep Academic Health System". Acara ini telah dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Maret 2015 di Auditorium FK UGM.

Simak hasil seminar AHS selengkapnya klik di sini.


Program Pelatihan Konsultan Minggu Ke-4:

Pemahaman Mengenai Business dan Kompetensi Berpikir Proaktif dan Analitis

Pertemuan pelatihan konsultan pada pekan ke IV membahas tentang pelaksanaan pelatihan konsultan dengan tema pemahaman business. Tema ini dibawakan langsung oleh Prof. Laksono Trisnantoro di Yogyakarta, sementara peserta luar lainnya mengikuti kegiatan ini via webinar.

Menurut Prof Laksono seorang konsultan selayaknya memiliki kualifikasi khusus. Seorang konsultan penting untuk memiliki beberapa skills dan perilaku. Pada topic yang membahas tentang bisnis acumen, Prof Laksono menekankan perlunya memahami dengan baik dan tepat dalam menganalisis masalah klien. Praktisnya adalah bagaimana memahami sifat bisnis klien itu sendiri. Dikarenakan, klien juga memiliki fokus dan karakter masing-masing. Sehingga konsultan akan memiliki berbagai jenis konsultasi berdasarkan ragam lingkungan dan unsur-unsur lain yang mempengaruhinya.

Jadwal pelatihan serta materi presentasi silakan klik di sini.


Annual Scientific Meeting (ASM) 2015

ASM1Annual Scientific Meeting (ASM) Tahun 2015 kali ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis FK UGM Ke-69 dan HUT RSUP Dr. Sardjito ke-33. Rangkaian acara ASM diselenggarakan tanggal 20 Februari hingga akhir Maret 2015. Acara ini termasuk dalam rangkaian ASM dapat berupa seminar, simposium, dan sebagainya. Penyelenggara masing-masing acara berasal dari Pokja/ Bagian.

PKMK FK UGM berpartisipasi dalam ASM 2015 dengan menyelenggarakan sejumlah seminar yang dipersiapkan oleh Pokja-Pokja berikut:

  1. Pokja Manajemen Bencana
  2. Pokja Pendidikan Kedokteran
  3. Pokja KIA/ Divisi Public Health
  4. Pokja Leadership

Silakan simak informasi selengkapnya pada List Pokja ASM di link berikut: KLIK DI SINI


Reportase

Seminar Pengembangan Kepemimpinan Peneliti

Seminar Pengembangan Kepemimpinan Peneliti telah diselenggarakan pada Rabu (25/2/2015) di Ruang Teater, Perpustakaan FK UGM. Acara tersebut mengundang para peneliti internal PKMK, asisten peneliti, Dinas Kesehatan dan pihak lain yang terkait. Prof. Laksono Trisnantoro, menyampaikan pengantar bahwa pada tahun 2014, kematian ibu dan bayi masih meningkat, kebijakan obat yang masih bermasalah, program TB yang belum baik dan klaim BPJS dengan klaim tinggi.

Kasus kebijakan yang dipergunakan adalah Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional. Kegiatan dilakukan dalam 2 kegiatan yang paralel yaitu:

  

Untuk Pengambil Kebijakan Pemerintah

KLIK DI SINI

  

Untuk Peneliti di Perguruan Tinggi dan atau lembaga penelitian swasta

KLIK DI SINI

  

Seminar ini diikuti dengan berbagai kegiatan dengan menggunakan pertemuan tatap muka dan jarak-jauh. reportase selengkapnya serta materi presentasi dan video dapat disimak pada website: www.kebijakankesehatanindonesia.net.


Program Pelatihan Konsultan Minggu ke-3:

Menyiapkan "Pakem" sebagai Pedoman Isi untuk Melakukan Konsultasi

28feb15-22

Program pelatihan konsultan yang diselenggarakan PKMK FK UGM telah memasuki minggu ketiga. Minggu ini, tema yang akan dibahas pada Sabtu (7/3/2015) yaitu Menyiapkan "Pakem" sebagai pedoman isi untuk melakukan konsultasi. Pelatihan konsultan ini diikuti konsultan dan asisten peneliti PKMK, serta sejumlah peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Para peserta dari luar UGM dapat mengakses pelatihan ini melalui webinar.

Jadwal pelatihan serta materi presentasi silakan klik link berikut  KLIK DI SINI


Tim Paduan Suara Bagian IKM meraih Juara III

Lomba Paduan Suara - Dies Natalis FK ke-63

  DSC 8803

Dok. PKMK: Tim Paduan Suara Bagian IKM saat mengikuti Lomba (18/2/2015)

PKMK. Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kedokteran UGM Ke-69 dan HUT RSUP Dr. Sardjito ke-33, panitia menyelenggarakan Lomba Paduan Suara pada hari Rabu tanggal 18 Februari 2015 di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM. Sebagai dukungan penuh atas kegiatan rangkaian Dies ini, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) mengirimkan beberapa staf pendukung dan peneliti untuk bergabung bersama Grup Paduan Suara Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). Juara III pun diraih oleh tim Paduan Suara ini. Selamat!

Tim ini mempersembahkan dua buah lagu dengan lagu wajib yang berjudul Indonesia Jaya dan lagu pilihan Sigulempong.

Video dapat Anda saksikan pada link berikut:Indonesia Jayadan Sigulempong.


Reportase

The 14th World Congress on Public Health

Dok. PKMK: Suasana Pre-Conference (Bella Donna)
14th World Congress on Public Health adalah forum kesehatan masyarakat yang diselenggarakan sekali dalam tiga tahun oleh World Federation of Public Health Associations (WFPHA) dan Indian Public Health Association (IPHA) yang kali ini bertempat di Science City, Kolkata, India. Kongress ini berlangsung pada hari Rabu hingga Minggu, 11 sampai dengan 15 Februari 2015. Ahli kesehatan masyarakat dari berbagai belahan dunia akan hadir dalam kongress ini. Pembicara diharapkan berbagi pengalaman dan perspektif tentang kesehatan masyarakat dari berbagai negara, mulai dari India, Kanada, Brazil, Asia, Afrika, dan lainnya. Konferensi ini dibagi dalam lima acara besar yaitu pre-conference, plenaries & speakers, thematic sessions, concurrent sessions, dan free papers.
Konferensi terdiri dari tiga topik, yaitu pre-conference, lima plenary & speakers, 31 free papers, sembilanthematic sessions, dan 45 concurrent sessions. Masing-masing delegasi mengambil topik yang berbeda.
Tujuan dari kongress ini adalah untuk mendorong promosi "Rakyat Sehat-Lingkungan Sehat". Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM mengirimkan tiga delegasi dengan spesifik ilmu berbeda-beda yaitu dr. Tiara Marthias MPH, dr. Bella Dona MPH, dan Eva Tirtabayu Hasri S.Kep.,MPH. Topik-topik yang menarik dan terkait dengan situasi di Indonesia akan dilaporkan oleh masing-masing delegasi.

Selengkapnya, silakan simak melalui website: www.kebijakankesehatanindonesia.net  atau http://www.14wcph.org/.


Kuliah Umum Mempersiapkan Sebuah Penelitian

FK UGM, 31 Januari 2015

S3 FK UGM dan PKMK FK UGM  menggelar kuliah umum untuk mahasiswa S2 dan S3 yang akan memulai penelitian pada Sabtu (31/1/2015) di ruang kuliah S3 Lantai 2, FK UGM.

Kuliah Umum dengan tema Cara Mengidentifikasi Masalah Penelitian dan Cara Menyusun Telaah Pustaka mendapat antusiasime yang tinggi dari mahasiswa dan para peneliti. Diskusi mengalir dari awal hingga akhir kuliah antara mahasiswa, peneliti dan para pembicara di dalam kelas. Para pembaca website PKMK FK UGM tidak perlu khawatir, Anda dapat mengikuti kuliah tersebut meski tak hadir langsung, silakan akses materi dan video kuliah tersebut melalui KLIK DI SINI


Kaleidoskop dan Outlook 2015

Salam jumpa Bapak/ Ibu pemerhati website PKMK FK UGM, semoga kabar baik selalu bersama anda semua. Tidak lupa kami ucapkan selamat menyambut tahun baru 2015 semoga tahun yang baru ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya dan segala harapan dapat tercapai.

Di penghujung tahun 2014 ini, kami mencoba untuk merefleksikan kembali mengenai apa saja yang telah dibahas dan menjadi sorotan dalam grup website PKMK FK UGM, yang terbagi dalam kelompok-kelompok website yakni website kebijakan dan manajemen, website isu prioritas, dan website jurnal.

Kaleidoskop 2014 kami sajikan secara spesifik berdasarkan kajian masing-masing kelompok website baik seputar kebijakan, manajemen, isu utama, serta perkembangan ilmu pengetahuan yang tentunya berkaitan dengan sektor kesehatan. Tidak hanya sekedar menyoroti dan membahas, melalui program penyebaran ilmu berbasis website ini PKMK FK UGM juga telah menggelar serangkaian kegiatan baik seminar, kursus jarak jauh (Blended Learning), pelatihan/ workshop, dan sejumlah kegiatan lain guna meningkatkan keberhasilan program.

Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dimulai sejak bulan Januari 2014 menjadi isu utama yang disoroti di hampir seluruh kelompok website PKMK FK UGM, didukung dengan beragam kegiatan. JKN juga berkaitan erat dengan pencapaian Universal Health Coverage (UHC), yang baru saja diperingati pada tanggal 12 desember lalu dan turut menjadi sorotan utama dalam kaleidoskop 2014. Isu lain yang masih berkaitan pula dengan JKN dan UHC dalam kaleidoskop 2014 PKMK FK UGM diantaranya masalah pembiayaan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan, ketersediaan fasilitas kesehatan, kapasitas tenaga kesehatan, Fraud atau kecurangan, hingga masalah kesenjangan sosial-budaya yang turut mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan JKN. Isu lainnya yang diangkat dan masih berkaitan pula dengan JKN yakni Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), promosi kesehatan tentang bahaya rokok, kesehatan reproduksi, penanggulangan HIV-AIDS, dan kesiapsiagaan bencana.

Bapak/ Ibu dapat menyimak kaleidoskop dan Outlook 2015 pada masing-masing website berikut:

   KaleidoskopKebijakan Kesehatan Indonesia         

Kaleidoskop

Kesehatan Ibu Anak

Kaleidoskop

Manajemen Rumah Sakit

KaleidoskopManajemen Pelayanan Kesehatan
KaleidoskopMutu Pelayanan Kesehatan  KaleidoskopManajemen Pembiayaan Kesehatan
KaleidoskopBencana Kesehatan
KaleidoskopPendidikan Kedokteran
KaleidoskopKebijakan Aids Indonesia

penulis-PBReportase

Telah terselenggara: Seminar Memperingati Hari AIDS Sedunia 2014

Close The Gap:

Pencegahan, Pengobatan, Perawatan, dan Mitigasi

Dampak dalam Penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia

Yogyakarta, 23 Desember 2014

Upaya penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia berada dalam situasi yang mengkawatirkan dan mendapatkan 'rapor merah' dalam pencapaian target MDGS. Data yang dikeluarkan oleh UNAIDS 2014 Indonesia mengalami peningkatan infeksi baru 48% dibandingkan dengan negara-negara kawasan Asia Pasifik lainnya yang menunjukkan trend menurun. Ada Jurang kesenjangan besar Kebijakan Penanggulangan AIDS dengan angka infeksi baru yang semakin meningkat. Situasi ini cocok dengan Tema Peringatan Hari AIDS Sedunia 2014, Close The Gap. Sejak Dekade terakhir dunia bekerja keras untuk menurunkan angka infeksi baru dan kematian terkait AIDS. Hasilnya cukup memberikan harapan untuk mengakhiri epidemi AIDS pada 2030.

Pemerintah baru Jokowi cukup gencar meningkatkan layanan kesehatan masyarakat Indonesia dengan menerbitkan jaminan sosial yang lebih luas kepada masyarakat Indonesia melalui Kartu Indonesia Sehat. Pertanyaannya sejauhmana kebijakan pemerintah baru dengan Menkes yang baru ini dapat membangun paradigma baru dalam penanggulangan AIDS untuk memperkecil jurang kesenjangan dalam penanggulangan AIDS dari aspek layanan (delivery service) meliputi aspek prevensi, kurasi dan rehabilitasi, aspek kebijakan secara struktural antara produk kebijakan dengan implementasinya, dan perhatian terhadap kelompok-kelompok yang diabaikan seperti kaum perempuan dan remaja, kaum difabel, pekerja migran, penghuni lapas, dan kelompok marginal lainnya.

Informasi selengkapnya silakan klik di sini.


penulis-PBReportase

Seminar Internasional Manajemen Bencana

di Sektor Kesehatan

Yogyakarta, 17- 18 Desember 2014

Reportase Seminar Bencana 17-18 Des 2014

Seminar internasional manajemen bencana yang mengangkat mengenai Peringakat 10 Tahun Tsunami Aceh: Bagaimana Pelajaran dan Strategi dalam Manajemen Bencana Sektor Kesehatan di Indonesia telah diselenggarakan pada Rabu-Kamis (17-18 Desember 2014) lalu. Seminar yang diselengarakan di dua tempat, hari pertama di University Club UGM dan hari kedua di Senat Lantai 2 KPTU FK UGM berjalan dengan lancar untuk mempertemukan para pakar manajemen bencana (Disaster Management) dan kedokteran bencana (Disaster Medicine) baik dalam dan luar negeri dengan para pemerhati dan penggiat bencana baik sektor kesehatan maupun di luar itu.

Tidak dipungkiri bahwa kejadian bencana Tsunami Aceh 2004 silam seolah menjadi titik balik bagi Indonesia untuk memperhatikan manajemen bencana dengan baik. Ditambah dengan kejadian bencana besar berikutnya (Gempa Padang, Gempa Jogja, dan Eruspi Merapi) hingga bencana yang baru sekali terjadi, longsor di Banjarnegara. Selama dua hari, bersama telah dipaparkan dan didiskusikan mengenai manajemen bencana yang meliputi pengaturan relawan, pengobatan, dan surveilans. Menarik sekali jika pembaca website sekalian dapat kembali menyimak reportasenya dan mengunduh materi yang kami sediakan pada website www.bencana-kesehatan.net.


penulis-PBReportase

Kesimpulan Seminar Pembangunan Kesehatan

di Daerah Tertinggal

Yogyakarta, 13 Desember 2014

Seminar Pembangunan Kesehatan di Daerah Tertinggal ini menghasilkan beberapa kesimpulan untuk kebijakan pemerintah ke depan, diantaranya:

  1. Dalam era JKN, system pembayaran kapitasi dan claim INA-CBG saat ini mempunyai risiko negatif dimana akan memperbesar kesenjangan geografis. Tanpa adanya kegiatan investasi yang signifikan untuk membangun fasilitas dan mengembangkan SDM kesehatan, daerah-daerah tertinggal kemungkinan besar akan semakin tertinggal dibanding daerah yang sudah maju;
  2. Program pengiriman tenaga kesehatan secara perorangan ke daerah-daerah tertinggal yang saat ini dilakukan, merupakan program yang sulit dipertanggung-jawabkan efektifitasnya. Program pengembangan tenaga kesehatan ke daerah tertinggal sebaiknya dilakukan secara kelompok (team) dengan susunan yang interprofesi. Sebagai catatan: di berbagai daerah tertinggal sulit mencari PNS karena memang tidak ada yang bersedia bertugas di tempat sulit sampai pensiun;
  3. Daerah tertinggal membutuhkan tidak hanya biaya operasional, namun juga biaya investasi untuk pembangunan fasilitas kesehatan dan penyediaan SDM. Di era JKN saat ini biaya investasi disediakan oleh pemerintah pusat, ataupun pemerintah daerah yang mampu sesuai dengan UU. BPJS tidak mempunyai tugas menyediakan dana investasi.

Kesimpulan dan reportase selengkapnya dapat disimak di link berikut:

KLIK KESIMPULAN

KLIK REPORTASE 

Informasi selengkapnya dapat Anda simak di website www.kebijakankesehatanindonesia.net


International Seminar on Disaster Health Management: Commemorate 10 Years Tsunami Aceh:

Lesson Learnt and Strategy for Disaster Management on Health Sector in Indonesia

Para pembaca website, jangan lewatkan seminar akhir tahun yang akan diselenggarakan oleh Pokja Bencana FK UGM bekerjasama dengan Divisi Management Bencana Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan FK UGM di Yogyakarta pada tanggal 17 - 18 Desember 2014. Seminar ini akan membahas mengenai sejarah perkembangan manajemen bencana khususnya sektor kesehatan di Indonesia pasca terjadinya bencana-bencana besar di Indonesia, salah satunya Tsunami Aceh tahun 2004.

- Pendaftaran peserta masih dibuka hingga 15 Desember mendatang.

- Informasi lebih lenjut mengenai kegiatan ini silakan klik di website www.bencana-kesehatan.net.


Seminar Memperingati Hari AIDS Sedunia 2014

Close The Gap: Pencegahan, Pengobatan, Perawatan,

dan Mitigasi Dampak dalam Penanggulangan HIV/AIDS

di Indonesia

Upaya penanggulangan HIV dan AIDS Indonesia berada dalam situasi yang mengkawatirkan dan mendapatkan raport merah dalam pencapaian target MDGS. Data yang dikeluarkan oleh UNAIDS 2014 Indonesia mengalami peningkatan infeksi baru 48 % dibandingkan dengan negara-negara kawasan Asia Pasifik lainnya yang menunjukkan trend menurun. Ada Jurang kesenjangan besar Kebijakan Penanggulangan AIDS dengan angka infeksi baru yang semakin meningkat. Situasi ini cocok dengan Tema Peringatan Hari AIDS Sedunia 2014, Close The Gap. Sejak Dekade terakhir dunia bekerja keras untuk menurunkan angka infeksi baru dan kematian terkait AIDS. Hasilnya cukup memberikan harapan untuk mengakhiri epidemi AIDS pada 2030.

Pemerintah baru Jokowi cukup gencar meningkatkan layanan kesehatan masyarakat Indonesia dengan menerbitkan jaminan sosial yang lebih luas kepada masyarakat Indonesia melalui Kartu Indonesia Sehat. Pertanyaannya sejauhmana kebijakan pemerintah baru dengan Menkes yang baru ini dapat membangun paradigma baru dalam penanggulangan AIDS untuk memperkecil jurang kesenjangan dalam penanggulangan AIDS dari aspek layanan (delivery service) meliputi aspek prevensi, kurasi dan rehabilitasi, aspek kebijakan secara struktural antara produk kebijakan dengan implementasinya, dan perhatian terhadap kelompok-kelompok yang diabaikan seperti kaum perempuan dan remaja, kaum difabel, pekerja migran, penghuni lapas, dan kelompok marginal lainnya.

Informasi selengkapnya silakan klik di sini.


Rektor UGM 2014-2017

"Selamat bertugas dan semoga membawa pembaharuan yang lebih baik untuk Universitas Gadjah Mada."

dwikorita karnawati

Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, MSc, PhD (Sumber: http://ugm.ac.id/)

  

PKMK. Rektor UGM 2014-2017. Kami mewakili segenap direksi dan staf PKMK FK UGM mengucapkan selamat kepada Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, MSc, PhD yang telah terpilih menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) menggantikan Prof Dr Pratikno, MSoc.Sc. Prof Dwikorita merupakan rektor pertama wanita di UGM yang akan memimpin kampus biru hingga bulan Mei 2017. Beliau merupakan Guru Besar Geologi Lingkungan UGM dan pakar longsor dan tanah retak.

Sebelum diangkat menjadi rektor, Dwikorita menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni. Perempuan kelahiran Yogyakarta, 6 Juni 1964 ini juga sempat menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Geologi UGM.


Diskusi Bulanan Konwledge Management ke-11

Diskusi Bulanan Knowledge Management. PKMK secara rutin melaksanakan diskusi bulanan yang mengajak para peneliti muda untuk lebih membuka wawasannya. Diskusi bulan November ini akan dilaksanakan pada 28 November 2014 pukul 13.30-15.00 WIB di Laboratorium Kepemimpinan dan Komunikasi, Fakutas Kedokteran UGM.

Diskusi ini juga dapat Anda simak melalui streaming di website www.kebijakankesehatanindonesia.net.

icon-powerpointMateri diskusi dapat diunduh dan disimak melalui dokumen rujukan melalui link berikut: Health Research Profile to assess the capacity of low and middle income countries for equity-oriented research P Tugwell, C Sitthi-Amorn, J Hatcher-Roberts, V Neufeld, P Makara, F Munoz, P Czerny, V Robinson, Y Nuyens, D Okello BMC Public Health 2006, 6:151 (12 June 2006) Abstract | Full text | PDF |


 penulis-PBReportase

NHCAA Annual Training Conference (ATC) 2014

Dallas, Texas, 18-21 November 2014

PKMK-Dallas. National Health Care Anti-Fraud Association (NHCAA) Annual Training Conference (ATC) adalah forum anti fraud layanan kesehatan skala nasional yang diselenggarakan tahunan. Kali ini acara berlokasi di Hyatt Regency Hotel, Dallas, Texas, Amerika Serikat. Acara tersebut berlangsung pada 18-21 November 2014.

Konferensi ini menghadirkan pembicara-pembicara dari berbagai institusi yang berpengalaman dalam upaya pemberantasan fraud layanan kesehatan. Pelatihan ini terbagi dalam empat acara besar yaitupre-conference, concurrent workshop, networking events, dan anti-fraud expo. Dalam acara pre-conference kita akan mendapatkan informasi dan berdiskusi lebih dalam tentang strategi anti-fraud layanan kesehatan.

Reportase kegiatan ini dapat anda simak pada website www.mutupelayanankesehatan.net setiap harinya, informasi lebih lanjut silakan klik di sini.


penulis-PBPeresmian Taman Sehat IKM

Kampus Sehat, Kampus yang Hijau

Taman IKM FK UGM, 14 November 2014

Pelepasan Balon - Prof Uut

Dok. PKMK: Prof. dr. Adi Utarini, MSc, MPH, PhD saat pelepasan balon.

PKMK. Selamat pagi pengunjung website. Pagi ini sangat istimewa. Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke- 50 telah diresmikan Taman IKM yang berada di sayap selatan, kampus Fakultas Kedokteran UGM.

Taman IKM diresmikan oleh Prof. dr. Adi Utarini, MSc, MPH, PhD, selaku Wakil Dekan bidang Penelitian, Pascasarjana, dan Kerjasama. Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon dan senam bersama.

Dalam sambutannya, Prof. Adi Utarini menghimbau pentingnya kehadiran para mahasiswa, staf, dan pengelola prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) untuk menghadiri senam bersama setiap jumat pagi, terutama untuk minat Promosi Kesehatan (Promkes). “Kami, Fakultas Kedokteran, mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar IKM yang telah menghidupkan Taman IKM ini. Dengan adanya Taman IKM ini akan menghijaukan, menyegarkan kita semua. Mudah-mudahan lingkungan kampus menjadi lebih sehat”, ungkap Prof. Adi Utarini.

Reportase selengkapnya dapat disimak di sini.


penulis-PBPertemuan Pakar

Memperkuat kapasitas Peneliti dan Pengambil Kebijakan

dalam Health Policy and System Research (HPSR)

Geneva, 13-14 November 2014

WHO memiliki satu kelompok menarik yaitu Alliance for Health Policy and Systems Research. Penguatan kapasitas peneliti dan pengambil kebijakan adalah satu dari tujuan strategis Alliance for Health Policy and Systems Research. Pada Kamis dan Jumat tanggal 13 dan 14 November 2014, dilakukan pertemuan para pakar untuk membahas penguatan ini. Tujuan Temu Pakar antara lain:

1. Meninjau kembali pemetaan tentang lembaga-lembaga dan kegiatan HSPR yang ada dan mendiskusikan inisiatif yang sedang berlangsung dalam penguatan kapasitas peneliti dan pengambil kebijakan oleh para pakar.

2. Mengidentifikasi kesenjangan dalam pendekatan-pendekatan yang ada dan yang sedang berlangsung untuk penguatan kapasitas HPSR.

3. Membahas dan membuat rekomendasi mengenai wilayah kerja yang dapat ditangani oleh Aliansi, target audiens dari usaha ini serta strategi/ pendekatan pelaksanaan yang mengoptimalkan peran Aliansi, posisinya di WHO, dan sumber daya yang dibutuhkan.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 20 peserta dari Asia, Afrika, Amerika, Timur Tengah. Dari Asia, Prof Laksono Trisnantoro merupakan salah satu peserta yang diundang dalam pertemuan tersebut. Ada dua dokumen penting mengenai pemetaan pelatihan HSPR dan lembaga serta network di dunia, yang dapat disimak, untuk lebih memahami tujuan pertemuan di Geneva, Silakan klik di bawah ini:

PEMETAAN GLOBAL MENGENAI PELATIHAN-PELATIHAN UNTUK HSPR.

PEMETAAN GLOBAL UNTUK LEMBAGA DAN JARINGAN YANG AKTIF DALAM HSPR.

Hasil pertemuan selama dua hari di Geneva ini akan disampaikan dalam website www.kebijakankesehatanindonesia.net minggu depan.


penulis-PBReportase

Pameran Sistem Kesehatan dan Manajemen Bencana

FK UGM, 29- 31 Oktober 2014

Yogyakarta. Pameran Sistem Kesehatan dan Manajemen Bencana diselenggarakan di Lobby Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada tanggal 29-31 Oktober 2014. Pameran ini baru pertama kali digelar untuk sistem kesehatan dan sudah yang kedua kalinya untuk manajemen bencana. Kegiatan ini terintegrasi dengan pelaksanaan blok 4.2 dalam kurikulum Pendidikan Dokter FK UGM. Pameran ini memberikan gambaran secara menyeluruh terkait framework sistem kesehatan yang dipublikasikan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) pada tahun 2009. Selain itu, pameran ini juga memberikan gambaran terkait penerapan manajemen bencana dalam situasi nyata yang telah dipraktekkan oleh beberapa organisasi yang bergerak dalam kebencanaan.

Dekan Fakultas Kedokteran UGM, Prof. Dr. dr Teguh Aryandono, Sp.B.Onk (K) membuka kegiatan ini dengan menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini untuk para mahasiswa baik mahasiswa kesehatan maupun dari bidang lain yang terkait dengan kesehatan. Pameran ini membuka pandangan kita bahwa sistem kesehatan di Indonesia ini masih terus berkembang dengan berbagai kompleksitasnya. Diharapkan kegiatan ini dapat secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan berbagai inovasi-inovasinya.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) UGM, Yakkum, dan MDMC. Kemudian, peserta pameran berasal dari tiga organisasi tersebut ditambah denganPMI dan BNPB. Pameran ini bukan hanya menampilkan dokumentasi sosialisasi pra bencana, evakuasi saat bencana, program pasca bencana melainkan juga sejumlah peralatan yang menunjang dalam penanganan bencana.

icon-powerpointMateri pemeran dapat Anda akses melalui link ini.


penulis-PBReportase

Musyawarah Kerja Nasional IAKMI Ke-XIII

Padang, 27-29 Oktober 2014

Sesi sambutan Mukernas IAKMI XIII berlangsung sangat menarik. Tidak melulu tentang ceremonial, tetapi penyampaian sarat makna disampaikan oleh masing-masing pemberi sambutan. Laporan dari Ketua Panitia, Nizwardi Azkha, SKM, MPPM, MPd, Msi. Sambutan Rektor Universitas Andalas Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA yang diwakilkan oleh Dekan FKM Universitas Andalas, Prof. Indrawati Lipoeto, MSc, PhD, SpGK. Sambutan Direktur Eksekutif AIPTKMI, Bambang Wispriyono, PhD. Sambutan oleh Ketua Umum IAKMI Pusat: dr. Adang Bachtiar, MPH, ScD memunculkan suatu slogan “Kesmas itu Miracle” yang mengangkat tentang peran salah satu tenaga kesehatan yaitu Ahli Kesehatan Masyarakat.

Reportase selengkapnya silakan simak di sini.