Reportase Hari Pertama

Pelatihan Strategi Komunikasi
KSI – Tempo Institute

Senin, 6 Maret 2017

Pelatihan

Dok. PKMK: Suasana Pelatihan Strategi Komunikasi (06/03/2017)

Pelatihan selama 2 hari ini diselenggarakan sebagai bagian dari kerjasama PKMK dengan KSI khususnya terkait capacity building untuk menerjemahkan pengetahuan menjadi kebijakan. Strategi komunikasi dianggap sebagai salah satu langkah strategis untuk mencapai tujuan utama berupa perubahan kebijakan (atau perubahan perilaku) yang merupakan end goal dari penelitian.

Pelatihan dimulai dengan kerja kelompok untuk mengidentifikasi ‘best practice’ dan ‘not so good practice’ dari strategi komunikasi yang selama ini dilakukan dan mengidentifikasi apa saja faktor-faktor yang harus mulai dilaksanakan (start), terus dilakukan (continue) atau tidak boleh lagi dilakukan (stop).

                                       hari 1ahari 1b

 

Beberapa pelajaran dari pengalaman masing-masing kelompok menunjukkan pentingnya:

• Memiliki tujuan sebelum menetapkan strategi komunikasi
• Memiliki strategi komunikasi yang terstruktur sebelum penelitian atau program dilakukan
• Mengidentifikasi audiens yang tepat dan menggunakan bahasa yang tepat untuk audiens ini
• Memahami ketrampilan yang dibutuhkan untuk menghasilkan media yang tepat
• Komitmen untuk membangun hubungan dengan target audiens dan melakukan advokasi

Setelah itu, terdapat penjabaran mengenai Komunikasi Riset yang terdiri dari 5 kegiatan kunci, yaitu:

• Assessing program readiness, baik kesiapan lembaganya maupun kesiapan tim komunikasi
• Analisis situasi
• Identifikasi communication purpose
• Mengenai stakeholder dan target audiens
• Pemilihan media dan metode

doc

Sesi berikutnya membahas tentang template yang dapat digunakan untuk merencanakan strategi komunikasi, yang terdiri dari 5 bagian penting, yaitu:

1. Program decisions: mencakup identifikasi tujuan umum (jangka panjang) mau pun tujuan jangka pendek
2. Pemahaman akan konteks internal dan eksternal
3. Strategic choice yang harus diambil terkait audiens, message yang dipilih, value dan messenger yang tepat.
4. Communication activities yang dipilih, termasuk masalah timeline dan budget
5. Measurement of success

Oleh: Shita Listyadewi