Reportase
Pertemuan Tahunan PKMK ke-19

FK UGM, 4 Januari 2017

Foto bersama

Sambutan dan Pembukaan

Membuka kegiatan pertemuan tahunan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) 2017, Dekan Fakultas Kedokteran UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, PhD, SpOG (K) mengapresiasi kiprah PKMK di usianya yang ke-19  tahun 2017 ini. Dengan prestasi luar biasa yang telah diraih selama ini, PKMK diusulkan oleh Dekanat untuk bisa menjadi Centre of Excelence tidak hanya di tataran fakultas namun bahkan universitas dalam hal ini UGM. Dengan peningkatan status ini, diharapkan PKMK akan semakin produktif memberikan kontribusinya dalam bidang kebijakan dan manajemen kesehatan, dalam bentuk hasil-hasil penelitian yang dikawinkan dengan pendidikan.

       SESI I: SERTIJAB DIREKTUR PKMK
   
       SESI II: TALKSHOW OUTLOOK KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN 2017
   

Penutupan

DR. dr. Andreasta Meliala, DPH, M. Kes, MAS selaku direktur baru menyatakan di era kepemimpinannya ini, struktur organisasi PKMK tidak akan diubah. Pasalnya tidak ada hal yang krusial untuk diubah. Andre menegaskan, salah satu isu penting yang akan diperbaiki bersama ialah bagaimana proses bekerja. Andre menilai PKMK dan para staf sudah mencapai banyak prestasi.

Andre menyatakan terima kasihnya karena staf dan pendukung sudah meluangkan waktu yang panjang untuk mengikuti pertemuan tahunan ini. Ada banyak kata kunci yang dapat di-follow up, salah satunya berkomunikasi dengan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan, PPSDM, Pusat Penanganan Krisis Kementrian Kesehatan dan Kadinkes DKI Jakarta. Harapannya ada tindak lanjut yang riil, seluruh divisi yang ada di PKMK diminta untuk menyusun report dari skala kecil ke besar, misal soal fraud, readmisi, sistem rujukan (equity), dan seterusnya. Dalam pertemuan tahunan kali ini juga membuka kesempatan baru dalam pekerjaan gabungan, terutama untuk divisi Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang merupakan divisi baru (bekerja di dalam struktur PKMK 1 tahun terakhir).

Setelah disusun rencana tindak lanjut, maka Direktur baru serta Sekretaris Pusat yang baru akan menemui staf per divisi dan unit untuk membahas rencana tersebut. Harapannya, seluruh staf di PKMK FK UGM dapat melakukan optimalisasi pekerjaan masing-masing. Andre menegaskan, “Saya sangat mengharapkan support dari kita semua, sehingga dalam pertemuan tahunan berikutnya (awal Januari 2018), kita harapkan akan ada perubahan positif”.

Andre juga menggarisbawahi beberapa hal, salah satunya tim Unit Publikasi mohon meng-improve kemampuan videografi, sehingga output-nya bisa dalam bentuk yang compact. Andre juga membuka jalur komunikasi secara personal dengan seluruh staf, yaitu melalui Whats App. Harapannya para staf dapat menyampaikan kebutuhannya kepada direktur yang baru. Hal ini menjadi perhatian serius Andre, karena saat ini ia memimpin 119 staf aktif (WD).

Download Laporan Tahunan 2016