Reportase

Diskusi Analisis Kebutuhan dalam Program Peningkatan
Pengkomunikasian Hasil Riset

Jumat, 6 Juli 2018
Lokasi: R301 IKM FKKMK UGM


 

pembicara2

Era digital yang dipengaruhi oleh perkembangan internet memberikan arah baru bagi sistem informasi. Saat ini, metode penyampaian informasi konvensional perlahan telah ditinggalkan dan beralih ke media internet-based. Memahami hal ini, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FKKMK UGM sangat menyadari bahwa proses hilirisasi pengetahuan perlu dioptimalkan dengan mengikuti perkembangan sistem informasi digital. Oleh karena itu, PKMK FKKMK UGM mengadakan diskusi dengan topik “Peningkatan Pengkomunikasian Hasil Riset”. Kegiatan ini diadakan di Gedung IKM FKKMK UGM pada Jum’at, 6 Juli 2018 dengan narasumber Zainuddin Muda Z. Monggilo S.I.Kom, MA (Dosen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM) dan DR. Sahid Nugroho (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM). Program refreshing theory ini dihadiri oleh peneliti internal PKMK FKKMK UGM.

Materi pertama disampaikan oleh Zainuddin Muda Z. Monggilo S.I.Kom, MA dengan topik Komunikasi Strategi Hasil Riset di Era Digital. Peneliti pada bidang komunikasi melalui media digital ini menyampaikan diseminasi produk penelitian perlu diselaraskan dengan pola penyampaian informasi di era digital. Sejak awal 2000, sistem penyampaian informasi melalui media konvensional (surat kabar, jurnal dan billboard) mulai ditinggalkan dan beralih ke media internet-based. Perlu ada perpaduan dalam menghubungkan informasi digital dan informasi riset di era digital. Dalam era ledakan data saat ini, pengirim informasi perlu mempertimbangkan bagaimana informasi tersebut dikemas. Idealnya, informasi saat ini perlu disampaikan lebih singkat, relevan, visualistik, memiliki nilai infografis dan disampaikan pada media internet-based popular seperti media sosial. Untuk itu, lembaga riset perlu melihat sistem promosi informasi melalui internet dipandang sebagai potensi besar dalam upaya hilirsasi pengetahuan.

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Sahid Susilo Nugroho dengan materi strategi komunikasi di media online. Konsultan ahli pada bidang strategi komunikasi ini memaparkan perkembangan internet telah menggiring pola pencarian informasi bagi masyarakat dengan sangat signifikan. Berdasarkan beberapa riset terkini, pola penyampaian informasi pada masyarakat luas lebih efektif menggunakan media website dan aplikasi berbasis internet. Kedepannya, aplikasi berbasis internet dengan menggunakan ponsel akan sangat dominan digunakan oleh masyarakat dalam pencarian informasi. Untuk itu, perlu dipertimbangkan dalam perumusan media informasi yang singkat dan memiliki sisi infografis yang informatif.

Sesi selanjutnya ialah diskusi antara narasumber dan peneliti internal PKMK FKKMK UGM. Proses diskusi ini membahas tentang pentingnya pengkinian (pemutakhiran) sistem penyampaian informasi oleh institusi riset dengan memanfaatkan media berbasis internet. Penyampaian informasi produk riset saat ini perlu tidak hanya disampaikan melalui media akademis. Narasumber menggarisbawahi bahwa upaya kerjasama dengan media online populer perlu dipertimbangkan untuk memperluas target audiens penerima informasi dalam perspektif hilirisasi pengetahuan. Agenda ini dilanjutkan dengan diskusi antara narasumber dan peneliti internal dalam konsep strategi komunikasi produk penelitian PKMK FKKMK UGM.

Reporter:

Nopryan Ekadinata (PKMK UGM)