Divisi Manajemen Mutu

Divisi Manajemen Mutu (Divisi Mutu PMPK) adalah salah satu divisi pada Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan (PMPK) yang bernaung dibawah Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada. Didirikan sejak tahun 2000, berawal pada saat adanya kerjasama antara dr. Adi Utarini, MSc, MPH, PhD dan dr. Tjahjono Kuntjoro, MSc, DrPH dalam mengembangkan: Standar akreditasi organisasi pelayanan kesehatan, institusi pendidikan kesehatan dan tenaga profesional kesehatan (bekerjasama dengan Departemen Kesehatan RI).

Divisi Mutu PMPK telah dan akan terus menerus melakukan berbagai penelitian, pelatihan dan konsultasi untuk meningkatkan kemampuan sarana pelayanan kesehatan dalam menjaga keselamatan pasien dan meningkatkan mutu pelayanan.

Divisi Mutu PMPK berupaya membangun kerjasama yang luas antara lain dengan lembaga regulator pelayanan kesehatan (Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, Perusahaan Asuransi, Organisasi Profesi, NGO, dan sebagainya) untuk mengembangkan sistem regulasi pelayanan kesehatan, juga berkerjasama dengan pengelola sarana pelayanan kesehatan (Direktur/Manajer rumah-sakit, Kepala Puskesmas, dan sebagainya) untuk mengembangkan sistem manajemen mutu pelayanan kesehatan, serta bekerjasama dengan perwakilan masyarakat/pasien dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat/pasien untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang aman.