Unit Laboratorium dan Komunikasi

Pada bulan Juli 2005, Fakultas Kedokteran UGM, Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan (PMPK), Magister Manajemen Rumah Sakit, Magister Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Minat Perilaku dan Promosi Kesehatan, Magister Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan, Program Studi Ilmu Kedokteran Klinik (IKK) serta Center for Epidemiology and Biostatistic Unit (CEBU) bekerjasama untuk mengembangkan Laboratorium Kepemimpinan dan Komunikasi.

Namun pengelolaan Unit saat ini berada di bawah koordinasi PMPK. Dalam laboratorium ini disediakan berbagai fasilitas untuk mendukung program pelatihan kepemimpinan yang spesifik dan peningkatan ketrampilan komunikasi untuk dunia kesehatan.

Kegiatan laboratorium bertujuan untuk mengembangkan kepemimpinan efektif dalam sistem pelayanan kesehatan pelayanan kesehatan dan membangun kompetensi komunikasi bagi pelaku sistem kesehatan, melalui proses yang terintegrasi serta kolaboratif antara dinas kesehatan, puskesmas, rumahsakit, asuransi kesehatan, dan klinisi (dokter, perawat, bidang, dan sebagainya).