Beranda

DR. Anastasia Susty Ambarriani.,M.Si.,Akt.,CA adalah konsultan pada PKMK FK UGM. Menyelesaikan program S1 dan S2 dari Departemen Akuntansi, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Menyelesaikan Program S3 pada Program Manajemen Bisnis dari Universitas Padjadjaran Bandung. Ia adalah seorang Akuntan beregister dari Departemen Keuangan Republik Indonesia dan pemegang sertifikat Chartered Accountant dari Ikatan Akuntan Indonesia dan International Federation of Accountant. Saat ini juga menjadi researcher dan senior lecturer pada Departemen Akuntansi, Universitas Atmajaya Yogyakarta. Minat dalam riset-riset adalah tentang manajemen rumah sakit, terutama yang terkait dengan sistem akuntansi dan keuangan rumah sakit. Kegiatan yang sedang dijalankan saat ini adalah sebagai Konsultan pengembangan sistem informasi akuntansi rumah sakit yang merupakan bagian dari proyek Performance Management Leadership di NTT.

dr. Sitti Noor Zaenab, M.Kes lahir di Bima, 5 September 1954. Zaenab menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dan lulus tahun 1974. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Magister Manajemen Rumah Sakit (MMR) FK UGM dan lulus tahun 1995. Riwayat pekerjaan yang pernah dijalani diantaranya: Kepala Puskesmas Imogiri I Kabupaten Bantul, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Kantor Departemen Kesehatan Kabupaten Bantul, Direktur RSUD Kabupaten Bantul. Selain itu, pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Diklat Kabupaten Gunung Kidul, staf Divisi Pelayanan Medik RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, Kepala Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4) Propinsi DIY, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Ia juga memiliki pengalaman sebagai konsultan Kesehatan Ibu Anak (KIA) PKMK FK UGM sejak tahun 2012 dan Sistem Kesehatan Dasar (SKD) KPMAK FK UGM. Ia juga tercatat sebagai penyusun modul pelatihan Penguatan Manajemen Program KIA untuk Papua.

Sutjipto adalah seorang konsultan pada Divisi Public Health di Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, FK UGM, dengan minat utama Epidemiologi/ Surveilans-respons. Riwayat pendidikan dibidang kesehatan dimulai dengan pendidikan kedinasan Akademi Penilik Kesehatan Surabaya, memperoleh gelar Bachelor of Science pada tahun 1972, gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat diperoleh pada tahun 1988 dari Prodi IKM Fakultas Kedokteran UNDIP, gelar Magister Kesehatan bidang Epidemiologi/ FETP dari Fakultas Kedokteran UGM tahun 1993 dan pada tahun 2000 mendapat gelar DAP&E bidang Parasitologi dan Entomologi terapan dari Institute for Medical Research Kuala Lumpur, Malaysia. Pada rentang waktu 1973-2007 sebagai Pegawai Negeri Sipil, pensiun dengan pangkat Pembina Utama Muda (IV/ C). Tahun 2007-2009 menjadi konsultan pada Project Child Health Care, MCCI/USAID di Provinsi Jawa Timur. Sejak tahun 2009 menjadi peneliti dan konsultan pada Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, FK UGM dalam bidang Epidemiologi/ Surveilans– Respons, dengan kegiatan antara lain sebagai penulis modul epidemilogi/ surveilans– respons pada pelatihan kompetensi Kepala Dinas Kesehatan bekerja sama dengan PPSDM, sebagai pelatih dan nara sumber pada pelatihan analisis STBP HIV/ AIDS dengan Stata 12 bekerja sama dengan FHI. Saat ini sebagai nara sumber dan penulis modul Pemanfaatan Data Epidemiologi dalam proses pengambilan keputusan pada pelatihan PML di Provinsi Papua bekerja sama dengan Kinerja/ USAID.

dr Choirul Anwar, M.Kes merupakan sosok yang pernah menjadi Kepala Dinkes Kota Yogyakarta periode tahun 2003-2011. Ia lahir di Kediri, 9 Mei 1955. Menempuh pendidikan sarjana di FK Unair kemudian lulus tahun 1981 dan pendidikan master di FK UGM lulus tahun 2003. Sepanjang karirnya sudah melakoni banyak jabatan, diantaranya: Kepala Puskesmas Kokap Kab. Kulonprogo DIY (1983-1988), Kepala Puskesmas Wates Kab. Kulonprogo DIY (1987-1993), Kepala Dinas Kesehatan  Kab. Kulonprogo DIY (1993-1999), Direktur RSUD Kota Yogyakarta (1999-2003) dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta (2003-2011). Tugas yang dirasa cukup berhasil antara lain: pertama, pembentukan dan pengembangan bidang regulasi di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dengan output Perda No. 2 Tahun 2008 tentang Perijian Tenaga dan Sarana Kesehatan. Kedua, pembentukan dan pengembangan UPT Jamkesda Kota Yogyakarta. Saat ini telah tercapai Universal Coverage bagi penduduk kota Yogyakarta. Ketiga, Pembangunan dan pengembangan Rumah Pemulihan Gizi (RPG), sebagai intermediate care bagi balita Gizi Buruk di Kota Yogyakarta. Keempat, Pengembangan sistem pelayanan kegawatdaruratan bagi warga kota Yogyakarta (Yogya Emergency Services/ YES) sejak tahun 2008 sampai sekarang. Sejak tahun 2012 telah bergabung di Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan sebagai PI pada kegiatan Performance Management and Leadership (PML) untuk Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten dan Puskesmas di NTT, dan juga terlibat dalam Pengembangan Modul PML untuk Dinas Kesehatan di Provinsi Papua.

Barkah Wahyu Prasetyo SE., Ak. adalah asisten konsultan di Divisi Manajemen Rumah Sakit Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan FK UGM (PKMK FK UGM). Mulai bergabung pada tahun 2008 setelah menyelesaikan pendidikan sarjana akuntansi di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dan pada tahun 2012 menyelesaikan program profesi akuntansi pada fakultas dan universitas yang sama.
Lingkup kerja yang pernah dilaksanakan spesifik menyangkut keuangan, akuntansi dan billing system rumah sakit. Pernah mengerjakan capacity building SDM keuangan rumah sakit bersama BRR di Kabupaten Nias, pendampingan perhitungan Unit Cost di RSU Kartini Jepara, RSUD Depok dan RSUD Bima NTB, Mapping SIA RSUD Tabanan Bali, implementasi billing system di RSUD Natuna dan pelatihan laporan keuangan dan perencanaan bersama AIPMNH di 11 rumah sakit daerah NTT. Selain itu, saat ini menjadi salah satu narasumber pelatihan jarak jauh pada rubrik manajemen keuangan pada website www.manajemenrumahsakit.net

config

sistelkon

Silahkan mendaftar melalui tombol di atas untuk mendapatkan informasi terbaru dari website ini.

tombol CA

Buku Inovasi KIA

CoverBukuInovasiKIA

tombol-ASM

tombol-knowledge management

Tutorial Webinar

Tutorial Webinar sebagai Peserta dapat dipelajari di sini.

Links

Informasi Terbaru

Kursus Sektor Swasta dan Rumah Sakit Swasta sebagai Mitra untuk Cakupan Kesehatan Universal

penulis-PBInformasi Pendaftaran Kursus

penulis-PBFormulir Pendaftaran


  

Policy Brief

icon-reportaseMasukan Policy Brief bagi Penentu Kebijakan JKN


Video Stretching

Stretching senam - PKMK

Penyebaran Ilmu Berbasis Website
Mulai Januari tahun 2013, secara resmi PKMK membuka kegiatan baru berupa: Program Penyebaran Ilmu (Knowledge Dissemination Program). Program ini diselenggarakan menggunakan media elektronik berupa website. Berbagai ilmu pengetahuan di bidang kebijakan kesehatan dan manajemen kesehatan dikelola untuk disebarluaskan kepada seluruh pengguna di Indonesia dan di seluruh dunia melalui jaringan internet.

Website Kebijakan & Manajemen     Website Isu Prioritas
       
kkimrspembiayaan                 bencanakiamutupelayanan 
 
Website Terkait
 
idrcca