Reportase Pertemuan 2 – Workshop Business Plan Pemanfaatan Produk Geothermal dalam Medical Wellness : Ekosistem Medical Wellness

Artikel ini terkait dengan pilar 3 SDGs: Kehidupan Sehat dan Sejahtera, pilar 17 SDGs: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Kamis, 28 November 2024

Andry Edwin Dahlan menyampaikan pengantar terkait bundling paket wisata yang meliputi pemeriksaan medis, kolaborasi ekosistem, prosedur dan desain creative thinking untuk merancang produk, penyediaan SDM untuk layanan medical wellness, serta keterlibatan travel agent dan resort/hotel. Selain itu, dalam pengembangan layanan ini harus dirancang berdasarkan strategi bisnis yang sesuai dengan target pasar yang diharapkan. Produk geothermal dapat dirancang dengan memanfaatkaan kolaborasi dan interaksi dengan resor, sehingga dapat bermanfaat juga untuk meningkatkan length of stay tamu di hotel tersebut.

Paparan terkait business plan yang tersusun dari beberapa komponen disampaikan oleh Elisabeth Listyani.  Komponen pertama yaitu ringkasan eksekutif yang memuat informasi ringkasan produk layanan yang akan dikembangkan secara singkat, serta menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Profil institusi mencakup rincian institusi hingga produk yang ditawarkan. Deskripsi produk meliputi deskripsi terkait produk yang telah ditetapkan, hingga bagaimana produk tersebut akan bersaing di pasar dan bagaimana pemasarannya untuk menarik minat konsumen. Analisis pasar dengan identifikasi pasar sasaran sehingga produk dapat sesuai dengan kebutuhan target. Analisis persaingan meliputi analisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh produk dan layanan yang ditetapkan. Rencana penjualan mencakup strategi penjualan, strategi harga, serta manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen. Rencana manajemen menguraikan tim manajemen serta SDM yang dibutuhkan. Rencana operasional mencakup informasi bagaimana bisnis yang akan dijalankan seperti pemasok dan kebutuhan layanan. Rencana keuangan meliputi proyeksi keuangan. Lampiran dapat dicantumkan bila diperlukan untuk informasi tambahan terkait produk yang ditawarkan.

Proses penetapan produk medical wellness dijelaskan oleh Andry. Aspek holistik yang harus diperhatikan dalam medical wellness meliputi emosional pasien, aspek spiritual, hingga kondisi mental pasien. Dalam proses penerapan produk medical wellness dikembangkan uji prototype berlandaskan evidence based. Pembuatan bundling paket medical wellness dapat disusun berdasarkan riset terkait aspek geografis, kemudian dilakukan penetapan bundling paket dengan memanfaatkan keadaan alam yang ada. Bundling tersebut selanjutnya dapat dirancang dengan aktifitas fisik dan terapi kesehatan yang sesuai untuk konsumen. Setelah merancang bundling paket layanan, maka dapat dijabarkan health journey yang akan dilewati oleh konsumen, serta penting untuk dilakukan evaluasi dan monitoring layanan sebagai langkah terakhir untuk pengembangan layanan berikutnya.

Yanuar Iman, Sp. THT membahas terkait konsep creative thinking untuk menetapkan produk layanan medical wellness. Pendekatan tersebut dilakukan dengan analisis profil pasien yang meliputi keluhan yang dimiliki pasien dan harapan pasien untuk mendapatkan layanan tersebut. Selanjutnya, dilakukan penetapan ide terkait produk layanan medical wellness yang disertai dengan health journey atau prototype lengkap dari layanan tersebut.

Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D menjelaskan bahwa business plan dirancang melalui pemanfaatan kolaborasi antara sektor kesehatan dengan travel agent sebagai mitra kerja sama yang akan memfasilitasi pasien untuk mendapatkan layanan wisata. Layanan medical wellness tersebut dapat dikembangkan dengan target pasar mencakup kelas sosioekonomi menengah keatas non BPJS, serta memaanfaatkan kombinasi layanan kesehatan mental yang saat ini sedang marak dikembangkan dengan terapi kesehatan lainnya. Kemudian setelah merancang business plan, dilakukan penetapan harga untuk produk layanan medical wellness yang menyesuaikan dengan target pasar yang dituju. (Bestian Ovilia Andini)

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*