16th Postgraduate Forum on Health System and Policy

Pandemi COVID-19 telah memukul keras sistem kesehatan di berbagai negara. Pembelajaran menjadi variabel kunci dalam respon sistem kesehatan sebuah negara dalam menghadapi krisis ini. Banyak hal yang dapat dipelajari dari respon terhadap gelombang pandemi COVID-19, penelitian inovatif, dan berbagai publikasi baru yang membantu mengatasi dampak pandemi. Tentunya proses tersebut juga meninggalkan jejak berupa hilangnya nyawa pasien dan juga dampak ekonomi yang masif. Kejadian ini mengingatkan kita bahwa proses belajar adalah suatu proses yang berjalan seumur hidup.

Sistem kesehatan nasional harus memaksimalkan potensi untuk melakukan pembelajaran. Proses ini dapat menjadi kunci keberhasilan maupun kegagalan dalam menanggapi suatu ancaman kesehatan dan mengimplementasikan kebijakan kesehatan masyarakat. Aktivitas membangun kapasitas pembelajaran sistem kesehatan membutuhkan waktu, investasi sumber daya, kemampuan adaptasi, dan kemampuan berinovasi. Kita perlu melakukan kolaborasi dan bekerjasama agar sistem kesehatan lebih terbuka terhadap analisis dan kritik untuk perbaikan. Tidak ada alternatif selain menerapkan konsep learning health system untuk memperkuat sistem kesehatan dalam menghadapi tantangan di masa depan. 

Pada 15-16 Juli 2022, Postgraduate Forum on Health System and Policy diselenggarakan di Yogyakarta dan membahas bagaimana pengalaman sistem kesehatan berbagai negara di Asia dalam menghadapi pandemi COVID-19. Simak acaranya pada tautan berikut

SELENGKAPNYA

Tags: 2022 covid pgf

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*